Daftar Isi:
  • Metode drill merupakan metode konvensional yang masih digunakan dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Tujuan Penelitian ini untuk mendiskripsikan efektivitas metode drill terhadap keberhasilan membaca al-Qur’an siswa kelas X.I SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Variabel yang menjadi menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas adalah keberhasilan membaca al-Qur’an, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode drill. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Peneliti merupakan pelaku tindakan. Sebagai subyek adalah guru dan siswa kelas X.I SMA Muhammadiyah 3 Surakarta yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang mempunyai 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa metode drill dapat meningkatkan keberhasilan membaca al-Qur’an siswa kelas X.I SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Peningkatan keberhasilan membaca al-Qur’an siswa ditunjukkan dengan adanya siswa memiliki nilai rata-rata 68,63 pada pra siklus, siklus I memperoleh nilai rata-rata tes membaca al-Qur’an 73,01, siklus II memperoleh nilai rata-rata tes membaca al-Qur’an 77,42, sedangkan pada siklus III, memperoleh nilai rata-rata tes membaca al-Qur’an 80,58. Dengan demikian, metode drill masih efektif untuk pembelajaran al-Qur’an.