ctrlnum 25933
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/25933/</relation><title>Nilai-Nilai Pendidikan &#x2018;Aq&#xEE;dah Dalam Bimbingan Rohani Pada Pasien Di Rumah Sakit Pembina Kesejahteraan Ummat (PKU)&#xD; Muhammadiyah Surakarta&#xD; &#xD; </title><creator>Maulana, Arief</creator><subject>BL Religion</subject><description>Bimbingan rohani (khususnya bimbingan &#x2018;Aq&#xEE;dah) merupakan upaya yang dilakukan oleh pihak rumah sakit dalam rangka menyelaraskan kesehatan jasmani dan rohani serta mempercepat kesembuhan pasien saat dirawat di rumah sakit. Bimbingan tersebut berupa bimbingan do&#x2019;a-do&#x2019;a, tata cara ibadah, dan motivasi kesembuhan. Salah satu rumah sakit penyelenggara bimbingan rohani pada pasien adalah rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta.&#xD; Pada penelitian ini bermaksud mendeskripsikan kegiatan bimbingan rohani pada pasien yang dilakukan oleh petugas kerohanian rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Studi ini termasuk jenis field research (penelititan lapangan) di rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Sumber data yang digunakan berupa wawancara, dokumen, buku-buku tentang pendidikan Islam, bimbingan dan konseling Islam, serta psikoterapi Islam. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi, observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode deskriptif&#xD; kualitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: pelaksanaan bimbingan rohani yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan &#x2018;Aq&#xEE;dah pada pasien di rumah sakit PKU&#xD; Muhammadiyah Surakarta meliputi bimbingan rohani dengan beberapa metode, yakni: (1) Lisan, berupa: (a) bimbingan face to face, nilai pendidikan &#x2018;Aq&#xEE;dah yang terdapat di&#xD; dalamnya timbul rasa rajin beribadah dan rasa syukur yang merupakan implementasi dari iman kepada Allah, rasa pengawasan yang merupakan implementasi dari iman&#xD; kepada malaikat, timbul sifat jujur dan sabar yang merupakan implementasi dari iman kepada nabi dan rasul, ketenangan jiwa yang merupakan implementasi dari iman kepada&#xD; takdir, dan rasa ingin berbuat baik yang merupakan implementasi dari iman kepada Hari Akhir. (b) Bimbingan kelompok, nilai pendidikan &#x2018;Aq&#xEE;dah yang terdapat di dalamnya&#xD; sesuai dengan nilai pendidikan &#x2018;Aq&#xEE;dah yang terdapat dalam metode face to face. (c) Bimbingan massal, nilai pendidikan &#x2018;Aq&#xEE;dah yang terdapat di dalamnya adalah timbul&#xD; sifat jujur dan sabar yang merupakan implementasi dari iman kepada nabi dan rasul. (2) Tulisan, nilai pendidikan &#x2018;Aq&#xEE;dah yang terdapat di dalamnya meliputi nilai tawakal yang merupakan implementasi dari iman kepada Allah, nilai sabar yang merupakan implementasi dari iman kepada nabi dan rasul, dan rasa tenang yang merupakan&#xD; implementasi dari iman kepada takdir. (3) Suara, nilai pendidikan &#x2018;Aq&#xEE;dah yang terdapat di dalamnya adalah rasa ketentraman yang merupakan implementasi dari iman kepada&#xD; kitab.&#xD; Sedangkan faktor-faktor yang mepengaruhi pelaksanaan bimbingan rohani pada pasien berupa: (1) Faktor pendukung, meliputi: (a) faktor intern terdiri dari&#xD; dukungan sarana rumah sakit, keikutsertaan para dokter dan tenaga paramedik, tenaga kerohanian yang sudah berpengalaman, dan program jangka panjang bagian kerohanian&#xD; rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, (b) ekstern terdiri dari tanggapan positif dari pasien dan dukungan dari keluarga pasien. (2) Faktor penghambat, meliputi: (a)&#xD; faktor intern, yakni kurangnya tenaga petugas kerohanian, (b) ekstern terdiri dari sambutan negatif dari pasien dan pemahaman agama pasien yang kurang atau sebaliknya.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25933/1/03._HALAMAN_DEPAN.PDF</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25933/3/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25933/4/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25933/6/06._BAB_III.PDF</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25933/8/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25933/10/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25933/12/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25933/14/10._LAMPIRAN-LAMPIRAN.PDF</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25933/17/02._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.PDF</identifier><identifier> Maulana, Arief (2013) Nilai-Nilai Pendidikan &#x2018;Aq&#xEE;dah Dalam Bimbingan Rohani Pada Pasien Di Rumah Sakit Pembina Kesejahteraan Ummat (PKU) Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>G000090179</relation><recordID>25933</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Maulana, Arief
title Nilai-Nilai Pendidikan ‘Aqîdah Dalam Bimbingan Rohani Pada Pasien Di Rumah Sakit Pembina Kesejahteraan Ummat (PKU) Muhammadiyah Surakarta
publishDate 2013
topic BL Religion
url http://eprints.ums.ac.id/25933/1/03._HALAMAN_DEPAN.PDF
http://eprints.ums.ac.id/25933/3/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25933/4/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25933/6/06._BAB_III.PDF
http://eprints.ums.ac.id/25933/8/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25933/10/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25933/12/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25933/14/10._LAMPIRAN-LAMPIRAN.PDF
http://eprints.ums.ac.id/25933/17/02._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.PDF
http://eprints.ums.ac.id/25933/
contents Bimbingan rohani (khususnya bimbingan ‘Aqîdah) merupakan upaya yang dilakukan oleh pihak rumah sakit dalam rangka menyelaraskan kesehatan jasmani dan rohani serta mempercepat kesembuhan pasien saat dirawat di rumah sakit. Bimbingan tersebut berupa bimbingan do’a-do’a, tata cara ibadah, dan motivasi kesembuhan. Salah satu rumah sakit penyelenggara bimbingan rohani pada pasien adalah rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Pada penelitian ini bermaksud mendeskripsikan kegiatan bimbingan rohani pada pasien yang dilakukan oleh petugas kerohanian rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Studi ini termasuk jenis field research (penelititan lapangan) di rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Sumber data yang digunakan berupa wawancara, dokumen, buku-buku tentang pendidikan Islam, bimbingan dan konseling Islam, serta psikoterapi Islam. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi, observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: pelaksanaan bimbingan rohani yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan ‘Aqîdah pada pasien di rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta meliputi bimbingan rohani dengan beberapa metode, yakni: (1) Lisan, berupa: (a) bimbingan face to face, nilai pendidikan ‘Aqîdah yang terdapat di dalamnya timbul rasa rajin beribadah dan rasa syukur yang merupakan implementasi dari iman kepada Allah, rasa pengawasan yang merupakan implementasi dari iman kepada malaikat, timbul sifat jujur dan sabar yang merupakan implementasi dari iman kepada nabi dan rasul, ketenangan jiwa yang merupakan implementasi dari iman kepada takdir, dan rasa ingin berbuat baik yang merupakan implementasi dari iman kepada Hari Akhir. (b) Bimbingan kelompok, nilai pendidikan ‘Aqîdah yang terdapat di dalamnya sesuai dengan nilai pendidikan ‘Aqîdah yang terdapat dalam metode face to face. (c) Bimbingan massal, nilai pendidikan ‘Aqîdah yang terdapat di dalamnya adalah timbul sifat jujur dan sabar yang merupakan implementasi dari iman kepada nabi dan rasul. (2) Tulisan, nilai pendidikan ‘Aqîdah yang terdapat di dalamnya meliputi nilai tawakal yang merupakan implementasi dari iman kepada Allah, nilai sabar yang merupakan implementasi dari iman kepada nabi dan rasul, dan rasa tenang yang merupakan implementasi dari iman kepada takdir. (3) Suara, nilai pendidikan ‘Aqîdah yang terdapat di dalamnya adalah rasa ketentraman yang merupakan implementasi dari iman kepada kitab. Sedangkan faktor-faktor yang mepengaruhi pelaksanaan bimbingan rohani pada pasien berupa: (1) Faktor pendukung, meliputi: (a) faktor intern terdiri dari dukungan sarana rumah sakit, keikutsertaan para dokter dan tenaga paramedik, tenaga kerohanian yang sudah berpengalaman, dan program jangka panjang bagian kerohanian rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, (b) ekstern terdiri dari tanggapan positif dari pasien dan dukungan dari keluarga pasien. (2) Faktor penghambat, meliputi: (a) faktor intern, yakni kurangnya tenaga petugas kerohanian, (b) ekstern terdiri dari sambutan negatif dari pasien dan pemahaman agama pasien yang kurang atau sebaliknya.
id IOS2728.25933
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:47:12Z
last_indexed 2016-09-22T02:47:12Z
recordtype dc
_version_ 1765810759387840512
score 17.538404