Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar IPA Melalui Penerapan Metode STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Monggot Geyer Grobogan Tahun 2012 / 2013
Main Author: | Harseno , Miadji |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/25439/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25439/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/25439/7/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/25439/9/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/25439/12/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/25439/14/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/25439/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/25439/20/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25439/24/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/25439/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kreativitas belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 3 Monggot Kecamatan Geyer tahun ajaran 2012 / 2013. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode STAD dengan jumlah siswa sebanyak 27 yang dibagi menjadi 5 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri atas 5 sampai 6 anak.Masing-masing kelompok mempresentasikan konsep perubahan wujud benda karena dibakar dan dipanaskan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Monggot,pengambilan sampel dilakukan dengan observasi didalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran konsep perubahan wujud benda karena dibakar dan dipanaskan dengan menggunakan metode STAD lebih efektif dalam neningkatkan kreativitas belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode ceramah. Hal ini ditunjukkan dengan tercapainya kompetensi dasar konsep perubahan wujud benda. Saran yang diberikan adalah penerapan metode STAD perlu dikembangkan pada konsep lian yang mempunyai permasalahan yang sama