Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika melalui metode TGT (Teams Games Tournaments). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru sejawat yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SD Negeri 2 Brabo yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan,pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yaitu: metode TGT dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika pada siswa kelas V B SD Negeri 2 Brabo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Dibuktikan dengan hasil observasi data rata-rata motivasi belajar siswa meningkat. Dari hasil pembelajaran siklus I peserta didik yang termotivasi sebanyak 60% sedangkan pada siklus II peserta didik yang termotivasi sebanyak 87,43%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada peserta didik kelas VB SD Negeri 2 Brabo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013