Peningkatan Keterampilan Menghitung Luas Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Media Dakon Pada Siswa Kelas 3 Semester Ii Sd Negeri 2 Mojoagung Kecamatan Karangrayung Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Rondiyatun, Rondiyatun
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/25401/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25401/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25401/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25401/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25401/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25401/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25401/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25401/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25401/9/Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25401/
Daftar Isi:
  • Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan meningkatkan keterampilan menghitung luas persegi dan persegi panjang melalui penerapan media Dakon pada siswa kelas 3 SD Negeri 2 Mojoagung Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa 3 SD Negeri 2 Mojoagung yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang terdiri dari dua siklus. Indikator kinerja dalam penelitian ini diharapkan keterampilan menghitung luas persegi dan persegi panjang melalui media dakon dapat meningkat minimal 80% dari jumlah keseluruhan 19 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media dakon dapat meningkatkan keterampilan menghitung luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SD Negeri 2 Mojoagung Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat ditunjukkan dengan peroleh skor pada siklus 1 sebesar 8.84 (55.26%) dan siklus 2 sebesar 12.89 (80.59%). Aktivitas guru dalam menerapkan media dakon meningkat pada setiap siklusnya, pada siklus I aktivitas guru mencapai 58.33%, pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 87.50%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menggunakan media Dakon dapat meningkatkan keterampilan menghitung luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas 3 SD Negeri 2 Mojoagung Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.