Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Konsep Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Model Team Games Tournament Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Koripan Kecamatan Matesih Tahun 2012/2013

Main Author: Hakim, Eka Lukmanul
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/25390/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25390/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25390/7/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25390/8/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25390/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25390/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25390/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25390/15/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25390/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25390/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Penerapan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang konsep membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Koripan; (2) Mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang konsep membaca pemahaman melalui pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament pada siswa kelas IV SDN 02 Koripan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 02 Koripan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 siswa yang telah tuntas menguasai materi sebanyak 18 siswa atau 90%. Sedangkan yang belum tuntas ada 10 % atau 2 siswa. Proses pembelajaran melalui penggunaan model Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia tentang konsep membaca pemahaman. Hal ini dapat diketahui dari hasil pembelajaran melalui penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran siswa. Hipotesis tindakan yang dirumuskan pada penelitian ini yaitu penggunann model pembelajaran Team Games Tournamnt (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang Konsep Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Koripan Tahun 2012/2013, sehingga hipotesis yang dirumuskan dapat terjawab/ diterima.