Mengembangkan Kemampuan Bekerjasama Anak Melalui Bermain Kooperatif Pada Kelompok B Di TK Pertiwi Karanganyar Plupuh Sragen Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Rochmawati, Ika |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/25338/1/03._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/25338/2/04._BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/25338/3/05._BAB_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/25338/4/06._BAB_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/25338/5/07._BAB_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/25338/6/08._BAB_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/25338/8/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/25338/9/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25338/11/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/25338/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengembangkan Kemampuan Bekerjasama Anak Kelompok B di TK Pertiwi Karanganyar, Plupuh, Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok B di TK Pertiwi Karanganyar, Plupuh, Sragen, bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung 3 (tiga) siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah anak didik Kelompok B di TK Pertiwi Karanganyar, Plupuh, Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 15 anak. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yang membandingkan prosentase skor dengan indikator pencapaian dan menggunakan tekhnik analisis interaktif yang mempunyai 4 komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa bermain kooperatif dapat mengembangkan kemampuan bekerjasama anak hal ini dibuktikan bahwa (1) pada prasiklus mencapai 44%, (2) siklus I mencapai 49%, (3) siklus II mencapai 69%, dan (4) siklus III mencapai 84% sesuai dengan indikator pencapaian.