ctrlnum 25319
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/25319/</relation><title>Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Hasil Belajar&#xD; Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Chalk And Talk Dengan Berbantu Alat Peraga (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA SMP Negeri 3 Satu Atap Jatipurno)</title><creator>Agustin, Anis Ayu</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep&#xD; matematika siswa dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran Chalk and Talk dengan berbantu alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Satu Atap Jatipurno yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan hasil belajar siswa. Peningkatan pemahaman konsep&#xD; matematika siswa dapat dilihat dari indikator-indikator , yaitu banyaknya siswa yang dapat menyatakan ulang sebuah konsep sebelum tindakan sebanyak 12 siswa (35,29%) dan setelah tindakan sebanyak 31 siswa (91,17%); banyaknya siswa&#xD; yang dapat menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (29,41%) dan setelah tindakan sebanyak 27 siswa (79,41%); banyaknya siswa yang dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (26,47%) dan setelah tindakan sebanyak 25 siswa (73,5%). Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mendapatkan nilai memenuhi KKM (&#x2265;68) sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (29,41%) dan setelah&#xD; tindakan sebanyak 26 siswa (76,47%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Chalk and Talk dengan berbantu alat peraga dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan hasil belajar siswa.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25319/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25319/4/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25319/6/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25319/9/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25319/10/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25319/11/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25319/13/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25319/15/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25319/21/01._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Agustin, Anis Ayu (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Chalk And Talk Dengan Berbantu Alat Peraga (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA SMP Negeri 3 Satu Atap Jatipurno). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410090103</relation><recordID>25319</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Agustin, Anis Ayu
title Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Chalk And Talk Dengan Berbantu Alat Peraga (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA SMP Negeri 3 Satu Atap Jatipurno)
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/25319/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25319/4/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25319/6/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25319/9/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25319/10/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25319/11/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25319/13/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25319/15/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25319/21/01._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25319/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran Chalk and Talk dengan berbantu alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Satu Atap Jatipurno yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan hasil belajar siswa. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dapat dilihat dari indikator-indikator , yaitu banyaknya siswa yang dapat menyatakan ulang sebuah konsep sebelum tindakan sebanyak 12 siswa (35,29%) dan setelah tindakan sebanyak 31 siswa (91,17%); banyaknya siswa yang dapat menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (29,41%) dan setelah tindakan sebanyak 27 siswa (79,41%); banyaknya siswa yang dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (26,47%) dan setelah tindakan sebanyak 25 siswa (73,5%). Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mendapatkan nilai memenuhi KKM (≥68) sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (29,41%) dan setelah tindakan sebanyak 26 siswa (76,47%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Chalk and Talk dengan berbantu alat peraga dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan hasil belajar siswa.
id IOS2728.25319
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:43Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:47Z
recordtype dc
_version_ 1765810755714678784
score 17.538404