Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Baturetno Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013)
Main Author: | Purwaningsih, Yuli |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/25310/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25310/2/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/25310/3/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/25310/4/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/25310/5/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/25310/7/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/25310/9/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/25310/15/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25310/17/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/25310/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler Rohis di SMA Negeri 1 Baturetno Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Strategi penelitian adalah studi kasus tunggal dengan subjeknya adalah pembina dan anggota Rohis di SMA Negeri 1 Baturetno Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Rohis dapat menumbuhkan karakter dalam diri siswa, khususnya karakter religius, selain itu juga dapat membentuk karakter jujur, adil, toleransi, tanggungjawab, disiplin dalam segala hal, peduli sosial, peduli terhadap lingkungan sekitarnya, kreatif, dan lain-lain, (2) implementasi pendidikan karakter religius diberikan melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat keagamaan yang telah terprogram secara sistematis dan dipraktekkan langsung oleh para pesertanya