ctrlnum 25300
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/25300/</relation><title>Upaya Meningkatkan Pemahaman Sains Melalui Percobaan Benda Cair Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi Ngrundul 1, Kec. Kebonarum, Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013</title><creator>Ratnawati, Tutik</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman sains anak kelompok A TK Pertiwi Ngrundul 1, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013 melalui kegiatan percobaan benda cair. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian tindakan adalah anak kelompok A TK Pertiwi Ngrundul 1, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 33 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kels dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.&#xD; Observasi ditempuh menggunakan lembar observasi pemahaman sains, wawancara dilakukan secara langsung antara peneliti dengan anak, guru kelas maupun dengan kepala sekolah, sedangkan dokumentasi diambil dalam bentuk foto kegiatan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman sains pada anak kelompok A TK Pertiwi Ngrundul 1, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013 sebelum dilaksanakan tindakan perbaikan, tingkat&#xD; pemahamannya baru 3,03%, tetapi setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan percobaan benda cair, maka pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 15,15%, siklus II meningkat menjadi 57,58% dan pada siklus III meningkat menjadi&#xD; 87,88%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu sebesar 80,00%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut, maka hipotesis yang menyatakan: &#x201C;Diduga dengan&#xD; menggunakan kegiatan percobaan benda cair dapat meningkatkan pemahaman sains pada anak Kelompok A TK Pertiwi Ngrundul 1, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013 terbukti dan dapat diterima&#xD; kebenarannya.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25300/1/COVER.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25300/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25300/7/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25300/8/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25300/9/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25300/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25300/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25300/14/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25300/21/Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Ratnawati, Tutik (2013) Upaya Meningkatkan Pemahaman Sains Melalui Percobaan Benda Cair Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi Ngrundul 1, Kec. Kebonarum, Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A53B090186</relation><recordID>25300</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Ratnawati, Tutik
title Upaya Meningkatkan Pemahaman Sains Melalui Percobaan Benda Cair Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi Ngrundul 1, Kec. Kebonarum, Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013
publishDate 2013
topic LB1501 Primary Education
url http://eprints.ums.ac.id/25300/1/COVER.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25300/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25300/7/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25300/8/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25300/9/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25300/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25300/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25300/14/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25300/21/Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25300/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman sains anak kelompok A TK Pertiwi Ngrundul 1, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013 melalui kegiatan percobaan benda cair. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian tindakan adalah anak kelompok A TK Pertiwi Ngrundul 1, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 33 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kels dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi ditempuh menggunakan lembar observasi pemahaman sains, wawancara dilakukan secara langsung antara peneliti dengan anak, guru kelas maupun dengan kepala sekolah, sedangkan dokumentasi diambil dalam bentuk foto kegiatan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman sains pada anak kelompok A TK Pertiwi Ngrundul 1, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013 sebelum dilaksanakan tindakan perbaikan, tingkat pemahamannya baru 3,03%, tetapi setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan percobaan benda cair, maka pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 15,15%, siklus II meningkat menjadi 57,58% dan pada siklus III meningkat menjadi 87,88%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu sebesar 80,00%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut, maka hipotesis yang menyatakan: “Diduga dengan menggunakan kegiatan percobaan benda cair dapat meningkatkan pemahaman sains pada anak Kelompok A TK Pertiwi Ngrundul 1, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013 terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
id IOS2728.25300
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:42Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:46Z
recordtype dc
_version_ 1765810755653861376
score 17.538404