Upaya Peningkatan AktivItas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Snow Ball TrRowing Bagi Siswa Kelas I V SDN 1 Jomboran, Klaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013
Main Author: | Raharjo, Joko |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/25287/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25287/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/25287/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/25287/10/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/25287/11/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/25287/12/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/25287/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/25287/14/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25287/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/25287/ |
Daftar Isi:
- Snowball Throwing adalah suatu metode pembelajaran yang diawali dengan pembentukan kelompok yang diwakili ketua kelompok untuk mendapat tugas dari guru kemudian masing- masing siswa membuat pertanyaan yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke siswa lain yang masing- masing siswa menjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS bagi siswa kelas IV SD Negeri 1 Jomboran, kecamatan Klaten Tengah, kabupaten Klaten tahun pelajaran 2012 /2013. Penelitian ini mencoba mengembangkan model Snowball Throwing dan mengaplikasikan pada mata pelajaran IPS materi membaca dan menggambar peta lingkungan setempat dengan menggunakan skala sederhana pada siswa kelas IV, SDN 1 Jomboran , kecamatan Klaten Tengah, kabupaten Klaten yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini mempunyai tahapan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumntasi. Data observasi didapat tingkat aktivitas siswa pada Pra Siklus 20 siswa = 50%, pada akhir Siklus I 26 siswa = 65%, pada akhir Siklus II 34 siswa = 85%. Observasi hasil belajar pada Pra Siklus 6,4 = 50%, pada akhir Siklus I 7,5 = 80%, pada akhir Siklus II 8,7 = 95% atau sekitar 38 siswa dari 40 siswa sudah dinyatakan tuntas. Melalui pengembangan model Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS bagi siswa kelas IV SD Negeri 1 Jomboran.