Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) (PTK pada Siswa Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2012/2013)
Main Author: | Jayanti, Dessy Dwi |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/25285/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25285/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/25285/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/25285/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/25285/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/25285/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/25285/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/25285/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25285/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/25285/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika dengan menerapkan strategi TAI (Team Assisted Individualization). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Subah yang berjumlah 35 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dan hasil belajar matematika melalui strategi TAI. Peningkatan ini dapat dilihat dari indikatorindikator, yaitu : 1) siswa menyatakan ulang suatu konsep sebelum tindakan 42,86% dan di akhir tindakan menjadi 91,43%, 2) siswa menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu sebelum tindakan 37,14% dan di akhir tindakan menjadi 80%, 3) siswa mengaplikasikan konsep dan algoritma pemecahan masalah sebelum tindakan 31,43% dan di akhir tindakan menjadi 71,43%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat terlihat dari siswa yang mendapatkan nilai memenuhi KKM 70 sebelum tindakan sebanyak 13 siswa (37,14%) dan setelah tindakan sebanyak 30 siswa (85,71%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi TAI dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika.