Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dengan menggunakan metode SQ3R pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Pereng tahun pelajaran 2012/2013. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan hasil belajar IPS, sedangkan variabel tindakan yang digunakan adalah pembelajaran menggunakan metode SQ3R. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan , pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pereng dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS melalui pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil siswa kelas V SD Negeri Pereng. Kondisi awal sebelum tindakan kelas adalah siswa yang melakukan survey ada 3 siswa (14,28%), Questions ada 2 siswa (10%), Read ada 3 siswa (14,28%), Recite ada 3 siswa (14,28%) dan Review ada 4 siswa ( 19,04%) dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu siswa yang melakukan survey ada 19 siswa (90,41%), Questions ada 15 siswa (71,42%), Read ada 19 siswa (90,41%), Recite ada 17 siswa (80,95%) dan Review ada 18 siswa ( 85,71%) dengan nilai KKM ≥ 60. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa melalui pembelajaran SQ3R mampu meningkatkan hasil IPS siswa kelas V SD Negeri Pereng , Prambanan, kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013.