Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Melalui Media Benda-Benda Nyata Pada Mata Pelajaran IPA SDN Bogem Bayat Klaten
Main Author: | Wijayanti, Ika Sri |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/25256/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25256/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/25256/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/25256/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/25256/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/25256/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/25256/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/25256/10/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25256/11/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf http://eprints.ums.ac.id/25256/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui sejauh mana peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA setelah digunakan media bendabenda nyata pada siswa kelas V SDN Bogem Bayat Klaten, (2) untuk mengetahui se jauh mana penguasaan materi pada mata pelajaran IPA setelah digunakan media benda-benda nyata pada siswa kelas V SDN Bogem Bayat Klaten.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. penelitian ini dilaksanakan dikelas V SDN Bogem Bayat Klaten dengan jumlah siswa 21 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes.Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media benda-benda nyata dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Bogem Bayat Klaten. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari meningkatnya keaktifan dan siswa pada setiap siklusnya, yaitu: pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi kriteria sangat aktif ada 6 anak, aktif ada 6 anak, cukup aktif ada 5 anak, kurang aktif ada 4 anak meningkat menjadi siswa yang memenuhi kriteria sangat aktif ada 12 anak, aktif ada 6 anak, cukup aktif ada 2 anak dan kurang aktif ada 1 anak pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata sebelum tindakan ke siklus I yang semula 51,42 meningkat menjadi 68,09. Dari siklus I 68,09 meningkat menjadi 78,09 pada siklus II. Jumlah siswa yang mencapai KKM juga meningkat dari 4 anak pada pratindakan menjadi 13 anak pada siklus I. Dari 13 anak pada siklus I meningkat menjadi 18 anak pada siklus II. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa melalui media benda-benda nyata dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VSDN Bogem Bayat Klaten.