Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS melalui pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jetis Delanggu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri 1 Jetis Delanggu dengan jumlah 24 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus . Teknik Pengumpulan data dengan teknik tes, dokumentasi dan observasi. Untuk menjamin Validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Data yang diperoleh dari observasi kegiatan siswa dianalisis dengan menghitung persentase dari tiap – tiap aspek yang diamati. Data yang diperoleh dari tes formatif dianalisis untuk menghitung berapa banyak siswa yang sudah tuntas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jetis mengalami peningkatan. Peningkatan keaktifan dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada perhatian siswa terhadap penjelasan guru dari 58,3% menjadi 75%, merespon pertanyaan dari 41,6 % menjadi 54,2%, berdiskusi dari 50% menjadi 62,5%, mencatat materi dari 75 % menjadi 87,5%, menjelaskan pada anggota dari 50 % menjadi 79,1%. peningkatan hasil belajar ditunjuk dengan adanya peningkatan jmlah siswa yang mencapai ketuntasan minimal, dari 24 siswa pada siklus I siswa tuntas 16. Pada siklus II siswa tuntas 23 siswa.