Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Pada Materi Keanekaragaman Mahkluk Hidup Dengan Strategi Guided Note Taking Melalui Media Video Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Sawit Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Fitrianto, Satrio Aji
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/25224/1/Halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/2/BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/8/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/9/Naskah_publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/
ctrlnum 25224
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/25224/</relation><title>Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Pada Materi Keanekaragaman Mahkluk Hidup Dengan Strategi Guided Note Taking Melalui Media Video Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Sawit Tahun Pelajaran 2012/2013</title><creator>Fitrianto, Satrio Aji</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Biologi Materi Keanekaragaman mahkluk hidup di kelas VIIB SMP Negeri 2 Sawit tahun 2013 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas hasil belajar siswa pada aspek kognitif sebanyak 7 (22,6%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Guided Note Taking melalui media video pada proses pembelajaran Biologi materi Keanekaragaman mahkluk hidup diperoleh hasil yaitu siklus I hasil belajar siswa pada aspek kognitif meningkat menjadi 18 (58,1%) siswa, siklus II meningkat menjadi 26 (83,9%) siswa. Aspek afektif hasil belajar siswa pada siklus I prosentase disiplin 42%, tanggungjawab 74,1%, bertanya 19,3% dan siklus II mengalami peningkatan persentase disiplin 77,3%, tanggungjawab 87%, bertanya 70,9%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan &#x201C;Penerapan Strategi Guided Note Taking melalui media video dapat meningkatkan hasil belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Biologi Materi Keanekaragaman mahkluk hidup pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Sawit Tahun Ajaran 2012/2013&#x201D;, terbukti dan diterima kebenarannya.&#xD; Lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin sering menerapkan strategi Guided Note Taking melalui media video akan menyebabkan semakin tinggi pula hasil belajar siswa. Dengan demikian strategi pembelajaran Guided Note Taking melalui media video merupakan faktor yang ikut mempengaruhi hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Biologi materi Keanekaragaman mahkluk hidup.&#xD; Kata Kunci</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25224/1/Halaman_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25224/2/BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25224/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25224/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25224/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25224/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25224/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25224/8/Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25224/9/Naskah_publikasi.pdf</identifier><identifier> Fitrianto, Satrio Aji (2013) Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Pada Materi Keanekaragaman Mahkluk Hidup Dengan Strategi Guided Note Taking Melalui Media Video Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Sawit Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420090149</relation><recordID>25224</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Fitrianto, Satrio Aji
title Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Pada Materi Keanekaragaman Mahkluk Hidup Dengan Strategi Guided Note Taking Melalui Media Video Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Sawit Tahun Pelajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/25224/1/Halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/2/BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/8/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/9/Naskah_publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25224/
contents Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Biologi Materi Keanekaragaman mahkluk hidup di kelas VIIB SMP Negeri 2 Sawit tahun 2013 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas hasil belajar siswa pada aspek kognitif sebanyak 7 (22,6%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Guided Note Taking melalui media video pada proses pembelajaran Biologi materi Keanekaragaman mahkluk hidup diperoleh hasil yaitu siklus I hasil belajar siswa pada aspek kognitif meningkat menjadi 18 (58,1%) siswa, siklus II meningkat menjadi 26 (83,9%) siswa. Aspek afektif hasil belajar siswa pada siklus I prosentase disiplin 42%, tanggungjawab 74,1%, bertanya 19,3% dan siklus II mengalami peningkatan persentase disiplin 77,3%, tanggungjawab 87%, bertanya 70,9%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan “Penerapan Strategi Guided Note Taking melalui media video dapat meningkatkan hasil belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Biologi Materi Keanekaragaman mahkluk hidup pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Sawit Tahun Ajaran 2012/2013”, terbukti dan diterima kebenarannya. Lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin sering menerapkan strategi Guided Note Taking melalui media video akan menyebabkan semakin tinggi pula hasil belajar siswa. Dengan demikian strategi pembelajaran Guided Note Taking melalui media video merupakan faktor yang ikut mempengaruhi hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Biologi materi Keanekaragaman mahkluk hidup. Kata Kunci
id IOS2728.25224
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:41Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:42Z
recordtype dc
_version_ 1765810755091824640
score 17.538404