Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing Untuk Peningkatan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Matematika (PTK Siswa Kelas VIII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013)
Main Author: | Chandra, Yoky Ariski |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/25217/1/03._Halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/25217/3/04._BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/25217/4/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/25217/5/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/25217/6/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/25217/8/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/25217/9/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/25217/12/10._Lampiran-lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/25217/13/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/25217/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan tanggung jawab dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta dengan strategi active knowledge sharing. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru matematika kelas VIII BI, yang dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Peningkatan tanggung jawab yaitu (a) melaksanakan dan menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh pada kondisi awal 7 siswa (31,82%), siklus I 11 siswa (50%), siklus II 16 siswa (72,73%), (b) menepati janji pada kondisi awal 9 siswa (40,91%), siklus I 13 siswa (59,09%), siklus II 18 siswa (81,82%), (c) mau menerima akibat dari perbuatannya pada kondisi awal 6 siswa (27,27%), siklus I 9 siswa (40,91%), siklus II 14 siswa (63,64%), dan 2) peningkatan hasil belajar pada kondisi awal 5 siswa (22,73%), siklus I 8 siswa (36,36%), siklus II 15 siswa (68,18%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran active knowledge sharing dapat meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.