Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika (PTK Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nogosari Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013)
Main Author: | Yahyawati, Dewi |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/25213/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/11/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/12/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/15/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/ |
ctrlnum |
25213 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/25213/</relation><title>Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika (PTK Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nogosari Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013)</title><creator>Yahyawati, Dewi</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematik pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nogosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang terdiri dari 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah metode observasi, metode tes, catatan lapangan dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah reduksi, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dilihat dari indikator yaitu: (1) kemampuan memahami masalah sebelum tindakan ada 15 siswa (43,38 %) setelah tindakan 30 siswa (99,19%), (2) kemampuan merencanakan pemecahan masalah ada
13 siswa ( 41,93 % ) setelah tindakan 29 siswa (91,12%), (3) kemampuan melaksanakan pemecahan masalah sebelum tindakan 9 siswa ( 29,03 % ) setelah tindakan 21 siswa (65,32 % ). Berdasarkan uraian yang telah dikemukan di atas
dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran means ends analysis dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/11/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/12/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/15/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Yahyawati, Dewi (2013) Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika (PTK Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nogosari Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410090046</relation><recordID>25213</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Yahyawati, Dewi |
title |
Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika (PTK Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nogosari Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013) |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/25213/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/11/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/12/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/15/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/25213/ |
contents |
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematik pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nogosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang terdiri dari 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah metode observasi, metode tes, catatan lapangan dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah reduksi, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dilihat dari indikator yaitu: (1) kemampuan memahami masalah sebelum tindakan ada 15 siswa (43,38 %) setelah tindakan 30 siswa (99,19%), (2) kemampuan merencanakan pemecahan masalah ada
13 siswa ( 41,93 % ) setelah tindakan 29 siswa (91,12%), (3) kemampuan melaksanakan pemecahan masalah sebelum tindakan 9 siswa ( 29,03 % ) setelah tindakan 21 siswa (65,32 % ). Berdasarkan uraian yang telah dikemukan di atas
dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran means ends analysis dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika. |
id |
IOS2728.25213 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:46:38Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:46:42Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810755055124480 |
score |
17.538404 |