Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika (PTK Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nogosari Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013)

Main Author: Yahyawati, Dewi
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/25213/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/15/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/
ctrlnum 25213
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/25213/</relation><title>Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika (PTK Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nogosari Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013)</title><creator>Yahyawati, Dewi</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematik pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nogosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang terdiri dari 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah metode observasi, metode tes, catatan lapangan dan&#xD; dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah reduksi, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dilihat dari indikator yaitu: (1) kemampuan memahami masalah sebelum tindakan ada 15 siswa (43,38 %) setelah tindakan 30 siswa (99,19%), (2) kemampuan merencanakan pemecahan masalah ada&#xD; 13 siswa ( 41,93 % ) setelah tindakan 29 siswa (91,12%), (3) kemampuan melaksanakan pemecahan masalah sebelum tindakan 9 siswa ( 29,03 % ) setelah tindakan 21 siswa (65,32 % ). Berdasarkan uraian yang telah dikemukan di atas&#xD; dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran means ends analysis dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/11/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/12/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/15/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/25213/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Yahyawati, Dewi (2013) Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika (PTK Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nogosari Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410090046</relation><recordID>25213</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Yahyawati, Dewi
title Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika (PTK Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nogosari Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013)
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/25213/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/15/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25213/
contents Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematik pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nogosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang terdiri dari 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah metode observasi, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah reduksi, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dilihat dari indikator yaitu: (1) kemampuan memahami masalah sebelum tindakan ada 15 siswa (43,38 %) setelah tindakan 30 siswa (99,19%), (2) kemampuan merencanakan pemecahan masalah ada 13 siswa ( 41,93 % ) setelah tindakan 29 siswa (91,12%), (3) kemampuan melaksanakan pemecahan masalah sebelum tindakan 9 siswa ( 29,03 % ) setelah tindakan 21 siswa (65,32 % ). Berdasarkan uraian yang telah dikemukan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran means ends analysis dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika.
id IOS2728.25213
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:38Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:42Z
recordtype dc
_version_ 1765810755055124480
score 17.538404