Penerapan Model Pembelajaran Arias Terintegrasi pada Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika (PTK di Kelas XI IPA 1 Semester II SMA Muhammadiyah 2 Gemolong Tahun Ajaran 2012/2013)
Main Author: | Hidayat, M. Adityo |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/25201/1/03-_HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25201/2/04-BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/25201/3/05-BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/25201/4/06-BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/25201/5/07-BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/25201/6/08-BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/25201/8/09-DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/25201/10/10-LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25201/12/02-NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/25201/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika melalui penerapan pembelajaran ARIAS terintegrasi pada Problem Based Instruction. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 2 Gemolong berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Motivasi siswa dalam bertanya sebelum tindakan 13,333% dan di akhir tindakan mencapai 40%, 2) Motivasi mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebesar 20% dan di akhir tindakan mencapai 66,667%, 3) Motivasi siswa dalam berdiskusi sebelum tindakan sebesar 13,333% dan setelah tindakan mencapai 46,667%. Hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebelum dilakukan tindakan sebesar 53,333% dan di akhir tindakan mencapai 86,6675%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran ARIAS terintegrasi pada Problem Based Instruction dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 2 Gemolong