Upaya Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Metode Bermain Peran Kelompok B Di BA Aisyiyah 4 Palur Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Lestari, Suci |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/25014/1/COVER-INTISARI.pdf http://eprints.ums.ac.id/25014/2/BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/25014/3/BAB_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/25014/4/BAB_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/25014/5/BAB_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/25014/6/BAB_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/25014/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/25014/10/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25014/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/25014/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian untuk mengetahui perkembangan kemampuan interaksi sosial anak melalui metode bermain peran kelompok B di BA Aisyiyah 4 Palur. Subyek penelitian ini anak didik kelompok B di BA Aisyiyah 4 Palur. Pengumpulan data penelitian melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada pra siklus anak yang mencapai ketuntasan 41,6% atau sebanyak 5 anak, siklus I mencapai 66,7% atau sebanyak 8 anak, siklus II mencapai 75% atau sebanyak 9 anak, dan siklus III mencapai 83,3% atau sebanyak 10 anak. Hasil analisis dengan tehnik analisis komparatif terjadi peningkatan kemampuan interaksi sosial secara berkelanjutan pada pra siklus 41,6%, siklus I 66,7%, siklus II 75%, dan siklus III 83,3%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial. Kesimpulan penelitian bahwa kemampuan interaksi sosial dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran bermain peran pada anak kelompok B di BA Aisyiyah 4 Palur.