Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Metode Journalist’s Questions (5W 1H) Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Geneng I kecamatan Miri kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: WIDYANINGGAR, DIFTA NOVIKA PUTRI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/25003/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25003/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25003/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25003/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25003/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25003/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25003/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25003/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25003/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/25003/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui metode Journalist’s Questions (5W 1H) pada siswa kelas IV SD Negeri Geneng I kecamatan Miri kabupaten Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yakni guru kelas IV SD Negeri Geneng I dan seluruh siswa kelas IV SD Negeri Geneng I kecamatan Miri kabupaten Sragen yang berjumlah 18 siswa. Sedangkan obyek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui metode Journalist’s Questions (5W 1H) pada siswa kelas IV SD Negeri Geneng 1 kecamatan Miri kabupaten Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menulis karangan narasi. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian. Prosentase ketuntasan pada siklus pertama pertemuan pertama sebesar 61,11%. Prosentase ketuntasan pada siklus pertama pertemuan kedua sebesar 77,78%. Hasil rata-rata prosentase siklus pertama adalah sebesar 55,55%. Prosentase ketuntasan pada siklus kedua sebesar 94,44%. Sedangkan prosentase ketuntasan pada prasiklus sebesar 22,22%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Journalist’s Questions (5W 1H) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi.