Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelas A melalui metode bercerita dengan boneka tangan TK ABA Cepitsari tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelompok A TK ABA Cepitsari yang berjumlah 23 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi penerapan bercerita dengan boneka tangan, Wawancara yang digunakan antara peneliti dengan anak dan berdokumentasi dalam penelitian ini yaitu daftar anak foto bercerita dengan boneka tangan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data di analisis secara deskriptif kuantitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kemampuan berbahasa anak kelompok A TK ABA Cepitsari tahun pelajaran 2012/2013 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu anak yang dapat berkomunikasi dengan lancar sebesar 40,78% setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan pada proses pembelajaran kemampuan berbahasa anak diperoleh hasil yaitu siklus I menjadi 62,72%, siklus II meningkat menjadi 70,50% dan siklus III meningkat menjadi 83,71%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan menyatakan “ dengan menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok A TK ABA Cepitsari tahun pelajaran 2012/2013 “terbukti dan dapat diterima kebenarannya.