Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010/2011

Main Author: Isnawati, Nina
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/24932/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/8/DAFTAR_PUSTAKA_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/
ctrlnum 24932
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24932/</relation><title>Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010/2011</title><creator>Isnawati, Nina</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Kreativitas Belajar terhadap Kemandirian Belajar. 2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar. 3) Secara bersama-sama pengaruh Kreativitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar.&#xD; Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kwantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010 yang berjumlah 190 mahasiswa dengan sampel sebanyak 123 yang diambil dengan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif.&#xD; Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 10,163 + 0,452X1 + 0,349X2, artinya kemandirian belajar dipengaruhi oleh kreativitas belajar dan motivasi belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) kreativitas belajar berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kreativitas belajar 5,456 sehingga thitung &gt; ttabel atau 5,456&gt;2,270 dengan nilai signifikansi 0,000&lt;0,05. (2) motivasi belajar berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel motivasi belajar sebesar 4,478 sehingga thitung &gt; ttabel atau 4,478&gt;2.270 dengan nilai signifikansi 0,000&lt;0,05. (3) kreativitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar mahasiswa belajar Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 36,181&gt;Ftabel 3,072 dengan nilai signifikansi 0,000&lt;0,05. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0.376, berarti 37,6% kemandirian belajar mahasiswa dipengaruhi oleh variabel kreativitas belajar dan motivasi belajar, sisanya sebesar 62,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24932/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24932/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24932/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24932/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24932/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24932/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24932/8/DAFTAR_PUSTAKA_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24932/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24932/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Isnawati, Nina (2013) Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090171</relation><recordID>24932</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Isnawati, Nina
title Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010/2011
publishDate 2013
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/24932/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/8/DAFTAR_PUSTAKA_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24932/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Kreativitas Belajar terhadap Kemandirian Belajar. 2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar. 3) Secara bersama-sama pengaruh Kreativitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kwantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010 yang berjumlah 190 mahasiswa dengan sampel sebanyak 123 yang diambil dengan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 10,163 + 0,452X1 + 0,349X2, artinya kemandirian belajar dipengaruhi oleh kreativitas belajar dan motivasi belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) kreativitas belajar berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kreativitas belajar 5,456 sehingga thitung > ttabel atau 5,456>2,270 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (2) motivasi belajar berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel motivasi belajar sebesar 4,478 sehingga thitung > ttabel atau 4,478>2.270 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (3) kreativitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar mahasiswa belajar Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2010. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 36,181>Ftabel 3,072 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0.376, berarti 37,6% kemandirian belajar mahasiswa dipengaruhi oleh variabel kreativitas belajar dan motivasi belajar, sisanya sebesar 62,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
id IOS2728.24932
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:26Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:27Z
recordtype dc
_version_ 1765810753215922176
score 17.538404