Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Candirejo III kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten. Keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh guru. Proses pembelajaran harus ada interaksi antara guru dengan anak didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dengan penilaian observasi dan hasil karya anak di setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal kemampuan melipat kertas anak kelompok B sebanyak 50%, siklus 1 meningkat menjadi 60%, dan siklus 2 diperoleh hasil maksimal yaitu 85%. Peneliti menyarankan kepada semua guru taman kanak-kanak hendaknya menggunakan media dan metode pembelajaran yang bervariasi dengan disesuaikan materi pembelajaran dan tingkat usia perkembangan anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melipat kertas kemampuan motorik halus anak dapat meningkat di kelompok B TK Aisyiyah Candirejo III Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2012/2013.