ctrlnum 24903
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24903/</relation><title>Pengembangan Kognitif Anak Dengan Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok A2 TK Waru 02 Kebakkramat Karanganyar&#xD; Tahun Pelajaran 2012 / 2013 </title><creator>Surantini, Surantini</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan kognitif anak di Taman Kanak-Kanak Waru 02 Kebakkramat, Karanganyar. Tindakan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode eksperimen dimana jumlah subyek penelitian 16 anak.&#xD; Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan teman seprofesi serta kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif komparatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan ada pengembangan kognitif anak yaitu sebelum tindakan 43,4%, kemudian berkembang menjadi 62,7% pada siklus I dan berkembang menjadi 83,4% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan metode eksperimen dapat mengembangkan kognitif anak TK Waru 02 Kebakkramat, Karanganyar. </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24903/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24903/4/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24903/7/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24903/8/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24903/10/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24903/16/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24903/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24903/19/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24903/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Surantini, Surantini (2013) Pengembangan Kognitif Anak Dengan Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok A2 TK Waru 02 Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A53A100049</relation><recordID>24903</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Surantini, Surantini
title Pengembangan Kognitif Anak Dengan Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok A2 TK Waru 02 Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013
publishDate 2013
topic LB1501 Primary Education
url http://eprints.ums.ac.id/24903/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24903/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24903/7/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24903/8/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24903/10/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24903/16/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24903/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24903/19/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24903/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24903/
contents Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan kognitif anak di Taman Kanak-Kanak Waru 02 Kebakkramat, Karanganyar. Tindakan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode eksperimen dimana jumlah subyek penelitian 16 anak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan teman seprofesi serta kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif komparatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan ada pengembangan kognitif anak yaitu sebelum tindakan 43,4%, kemudian berkembang menjadi 62,7% pada siklus I dan berkembang menjadi 83,4% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan metode eksperimen dapat mengembangkan kognitif anak TK Waru 02 Kebakkramat, Karanganyar.
id IOS2728.24903
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:22Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:26Z
recordtype dc
_version_ 1765810753117356032
score 17.538404