Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Contextual Teaching and Learning (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluweh Matesih Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013)
Main Author: | Wibowo, Abdul Aziz Joko |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/24896/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/24896/2/Bab_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/24896/3/Bab_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/24896/6/Bab_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/24896/7/Bab_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/24896/8/Bab_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/24896/11/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/24896/13/Lampiran-_lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/24896/14/Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf http://eprints.ums.ac.id/24896/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini: (1) untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VII A MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluweh Matesih Karanganyar pada materi segitiga melalui strategi CTL, (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluweh Matesih Karanganyar pada materi segitiga melalui strategi CTL. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Karanganyar, yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan motivasi belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar meliputi: a) Mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 15% dan diakhiri dengan tindakan sebesar 60%, b) Memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan 25% dan diakhiri dengan tindakan sebesar 65%, (c) Mengerjakan soal tugas sebelum tindakan 35% dan diakhiri dengan tindakan sebesar 75%. (2) Hasil belajar siswa yang memncapai KKM sebelum dilakukan tindakan sebesar 45% dan diakhiri dengan tindakan sebeasar 85%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Contextual Teaching And Learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar.