Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini melalui metode pembelajaran outing class pada anak kelompok B1 TK MTA Kebakkramat Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti sekaligus guru kelopok B TK MTA 1 Kebakkramat Karanganyar sebagai pelaksana tindakan.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK MTA 1 Kebakkramat Karanganyar yang berjumlah 15 anak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan membandingkan skor rata-rata dalam tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kecerdasan naturalis anak kelompok B1 di TK MTA 1 Kebakkramat dapat berkembang melalui metode outing class. 2) Terjadi peningkatan kecerdasan naturalis yaitu pada siklus 1 sebanyak 5 siswa dinyatakan tuntas belajar dengan skor tertinggi 100 % dan terendah yaitu 56,25 %, pada siklus II, siswa yang tuntas belajar yaitu 15 anak atau dengan kata lain semua anak dapat tuntas belajar dengan rata-rata tertinggi yaitu 100 %, dan terendah yaitu 81,25 %. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kecerdasan naturalis anak dapat dikembangkan melalui metode pembelajaran outing class