Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Dengan Media Bola Keranjang Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Parakan Bolong Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013
Main Author: | Andriyani, Mirsa |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/24861/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/6/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/7/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/ |
ctrlnum |
24861 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24861/</relation><title>Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Dengan Media Bola Keranjang Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Parakan Bolong Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun
Pelajaran 2012 / 2013
</title><creator>Andriyani, Mirsa</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung melalui bermain dengan media bola keranjang pada anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan Bolong Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan Maret 2013 sampai bulan Mei 2013
dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan ( planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan. Data yang dikumpulkan berupa kemampuan berhitung pada anak dan proses penerapan kegiatan bermain dengan media bola keranjang dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan metode
komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung pada anak melalui kegiatan bermain dengan media bola keranjang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan rata-rata persentase pencapaian dari siklus I sampai dengan siklus II.
Rata-rata pencapaian kemampuan berhitung pada anak meningkat dari prasiklus 45,8% menjadi 60,7% pada siklus I, siklus II menjadi 77,4%. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa kegiatan bermain dengan bola
keranjang dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan. Jumlah anak yang mencapai persentase pencapaian telah memenuhi indikator yaitu apabila sekurangnya 75% jumlah anak mampu mencapai persentase pencapaian sebesar 75%.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/6/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/7/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/13/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Andriyani, Mirsa (2013) Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Dengan Media Bola Keranjang Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Parakan Bolong Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A53A100032</relation><recordID>24861</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Andriyani, Mirsa |
title |
Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Dengan Media Bola Keranjang Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Parakan Bolong Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun
Pelajaran 2012 / 2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
LB1501 Primary Education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/24861/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/6/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/7/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/24861/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung melalui bermain dengan media bola keranjang pada anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan Bolong Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan Maret 2013 sampai bulan Mei 2013
dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan ( planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan. Data yang dikumpulkan berupa kemampuan berhitung pada anak dan proses penerapan kegiatan bermain dengan media bola keranjang dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan metode
komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung pada anak melalui kegiatan bermain dengan media bola keranjang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan rata-rata persentase pencapaian dari siklus I sampai dengan siklus II.
Rata-rata pencapaian kemampuan berhitung pada anak meningkat dari prasiklus 45,8% menjadi 60,7% pada siklus I, siklus II menjadi 77,4%. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa kegiatan bermain dengan bola
keranjang dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan. Jumlah anak yang mencapai persentase pencapaian telah memenuhi indikator yaitu apabila sekurangnya 75% jumlah anak mampu mencapai persentase pencapaian sebesar 75%. |
id |
IOS2728.24861 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:46:21Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:46:22Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810752970555392 |
score |
17.538404 |