Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Dengan Media Bola Keranjang Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Parakan Bolong Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Main Author: Andriyani, Mirsa
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/24861/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/6/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/7/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/
ctrlnum 24861
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24861/</relation><title>Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Dengan Media Bola Keranjang Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Parakan Bolong Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun&#xD; Pelajaran 2012 / 2013&#xD; </title><creator>Andriyani, Mirsa</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung melalui bermain dengan media bola keranjang pada anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan Bolong Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan Maret 2013 sampai bulan Mei 2013&#xD; dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan ( planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan. Data yang dikumpulkan berupa kemampuan berhitung pada anak dan proses penerapan kegiatan bermain dengan media bola keranjang dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan metode&#xD; komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung pada anak melalui kegiatan bermain dengan media bola keranjang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan rata-rata persentase pencapaian dari siklus I sampai dengan siklus II.&#xD; Rata-rata pencapaian kemampuan berhitung pada anak meningkat dari prasiklus 45,8% menjadi 60,7% pada siklus I, siklus II menjadi 77,4%. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa kegiatan bermain dengan bola&#xD; keranjang dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan. Jumlah anak yang mencapai persentase pencapaian telah memenuhi indikator yaitu apabila sekurangnya 75% jumlah anak mampu mencapai persentase pencapaian sebesar 75%.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/6/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/7/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/13/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24861/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Andriyani, Mirsa (2013) Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Dengan Media Bola Keranjang Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Parakan Bolong Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A53A100032</relation><recordID>24861</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Andriyani, Mirsa
title Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Dengan Media Bola Keranjang Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Parakan Bolong Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013
publishDate 2013
topic LB1501 Primary Education
url http://eprints.ums.ac.id/24861/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/6/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/7/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24861/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung melalui bermain dengan media bola keranjang pada anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan Bolong Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan Maret 2013 sampai bulan Mei 2013 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan ( planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan. Data yang dikumpulkan berupa kemampuan berhitung pada anak dan proses penerapan kegiatan bermain dengan media bola keranjang dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung pada anak melalui kegiatan bermain dengan media bola keranjang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan rata-rata persentase pencapaian dari siklus I sampai dengan siklus II. Rata-rata pencapaian kemampuan berhitung pada anak meningkat dari prasiklus 45,8% menjadi 60,7% pada siklus I, siklus II menjadi 77,4%. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa kegiatan bermain dengan bola keranjang dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan. Jumlah anak yang mencapai persentase pencapaian telah memenuhi indikator yaitu apabila sekurangnya 75% jumlah anak mampu mencapai persentase pencapaian sebesar 75%.
id IOS2728.24861
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:21Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:22Z
recordtype dc
_version_ 1765810752970555392
score 17.538404