Peningkatan Ketrampilan Bertanya Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Strategi Giving Question-Getting Answer Pada Siswa Kelas IV SD N 02 Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Purwaningtias, Nichita |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/24849/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24849/3/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/24849/4/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/24849/5/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/24849/6/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/24849/7/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/24849/9/09._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/24849/10/10._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/24849/12/02._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/24849/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan bertanya siswa pada mata pelajaran IPS di SD N 02 Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar dengan menggunakan strategi giving question-getting answer. PTK merupakan penelitian yang dilakukan oleh seorang guru untuk memecahkan masalah di kelasnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SD N 02 Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi,, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi giving question-getting answer dapat meningkatkan ketrampilan bertanya siswa pada siklus I, dengan aspek ketrampilan yang dinilai: 1) Keaktifan siswa bertanya sebesar 61,76%. 2) Partisipasi siswa menjawab pertanyaan sebesar 70,58%. 3) Urut dalam menyampaikan pertanyaan sebesar 61,76%. 4) Pengembangan pertanyaan sebesar 52,94%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi: 1) Keaktifan siswa bertanya sebesar 88,23%. 2) Partisipasi siswa menjawab pertanyaan sebesar 85,29%. 3) Urut dalam menyampaikan pertanyaan sebesar 85,29%. 4) Pengembangan pertanyaan sebesar 85,29%. Sebelum siklus siswa yang tuntas KKM hanya 21 siswa atau 61,76 dan rata-rata kelas hanya 68,79 pada siklus I meningkat 13,15% menjadi 79,41 dan pada akhir siklus II meningkat 9,39% menjadi 87,64. Peningkatan hasil belajar siswa sebelum siklus sampai akhir siklus II meningkat sebesar 21,30%. Siswa yang mendapat nilai diatas KKM 100% tuntas. Kesimpulan yang diperoleh adalah penerapan strategi giving questiongetting answer dapat meningkatkan ketrampilan bertanya siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SD N 02 Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar.