Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) (PTK di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013)

Main Author: Utami, Sabdo
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/24809/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/
ctrlnum 24809
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24809/</relation><title>Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) (PTK di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013)</title><creator>Utami, Sabdo</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Team Assisted Individualization. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Colomadu yang berjumlah 30 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIIID SMP Negeri 2 Colomadu. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Team Assisted Individualization. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator kemandirian, yaitu: 1) Kemampuan siswa menyelesaikan tugas sendiri sebelum dilakukan tindakan sebesar 33,33% dan diakhir tindakan mencapai 66,67%, 2) Kemampuan siswa mengatasi masalah belajarnya sendiri sebelum dilakukan tindakan sebesar 23,33% dan diakhir tindakan mencapai 60%, 3) Kemampuan siswa percaya pada diri sendiri sebelum dilakukan tindakan sebesar 16,67% dan diakhir tindakan mencapai 53,33%, 4) Kemampuan siswa mengatur diri sendiri sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,66% dan diakhir tindakan mencapai 83,33%. Sedangkan hasil belajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 3,33% dan diakhir tindakan sebesar 60%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Team Assisted Individualization dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24809/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24809/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24809/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24809/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24809/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24809/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24809/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24809/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24809/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Utami, Sabdo (2013) Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) (PTK di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410090107</relation><recordID>24809</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Utami, Sabdo
title Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) (PTK di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013)
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/24809/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24809/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Team Assisted Individualization. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Colomadu yang berjumlah 30 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIIID SMP Negeri 2 Colomadu. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Team Assisted Individualization. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator kemandirian, yaitu: 1) Kemampuan siswa menyelesaikan tugas sendiri sebelum dilakukan tindakan sebesar 33,33% dan diakhir tindakan mencapai 66,67%, 2) Kemampuan siswa mengatasi masalah belajarnya sendiri sebelum dilakukan tindakan sebesar 23,33% dan diakhir tindakan mencapai 60%, 3) Kemampuan siswa percaya pada diri sendiri sebelum dilakukan tindakan sebesar 16,67% dan diakhir tindakan mencapai 53,33%, 4) Kemampuan siswa mengatur diri sendiri sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,66% dan diakhir tindakan mencapai 83,33%. Sedangkan hasil belajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 3,33% dan diakhir tindakan sebesar 60%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Team Assisted Individualization dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.
id IOS2728.24809
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:17Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:21Z
recordtype dc
_version_ 1765810752518619136
score 17.538404