Perbandingan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Dan Complete Sentence Terhadap Hasil Belajar Ekosistem (Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Mojogedang Tahun Ajaran 2012/2013)

Main Author: Endrawati, Eka
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/24743/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24743/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24743/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24743/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24743/12/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24743/13/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24743/18/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24743/20/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24743/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24743/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking dan Complete Sentence terhadap hasil belajar ekosistem siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mojogedang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Mojogedang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mojogedang Tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 102 siswa dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan analisis variansi satu jalan (One Way ANOVA). Berdasarkan uji analisis variansi satu jalan (One Way ANOVA) diperoleh nilai probabilitas (0,000≤0,05) dan diperoleh nilai Fhitung≥Ftabel (17,385≥3,088). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan pembelajaran dengan menggunakan strategi Guided Note Taking dan Complete Sentence terhadap hasil belajar ekosistem siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mojogedang