Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Sari, Dewi Purnama
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/24736/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/9/JURNAL_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/
ctrlnum 24736
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24736/</relation><title>Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Sari, Dewi Purnama</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan&#xD; belajar terhadap hasil belajar. 2) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru&#xD; dalam mengajar terhadap hasil belajar. 3) Untuk mengetahui pengaruh&#xD; kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar.&#xD; Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam&#xD; penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali yang&#xD; berjumlah 140 siswa, dengan jumlah sampel 100 siswa. Teknik pengambilan data&#xD; yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data&#xD; menggunakan analisis regresi linier ganda, uji t, uji F, dan uji R2.&#xD; Berdasarkan hasil analisis regresi linier ganda diperoleh garis persamaan&#xD; regresi Y = 49,485 + 0,404.X1 + 0,187.X2, yang berarti bahwa hasil belajar&#xD; dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar.&#xD; Berdasarkan data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan: 1) Kedisiplinan&#xD; belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar. Hal ini&#xD; berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui nilai thitung &gt; ttabel yaitu 6,028 &gt; 1,985&#xD; dan nilai probabilitas signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000. 2) Kreativitas guru dalam&#xD; mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar. Hal ini&#xD; berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui nilai thitung &gt; ttabel yaitu 2,383 &gt; 1,985&#xD; dan nilai probabilitas signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,019. 3) Kedisiplinan belajar dan&#xD; Kreativitas guru dalam mengajar berpengaruh positif terhadap Hasil belajar. Hal&#xD; ini berdasarkan hasil perhitungan uji F diketahui nilai Fhitung &gt; Ftabel sebesar 60,117&#xD; &gt; 3,090 dengan nilai probabilitas signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000, berarti&#xD; kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar secara bersama-sama&#xD; berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil perhitungan&#xD; diperoleh nilai R2 sebesar 0,553 berarti 55,3% hasil belajar siswa dipengaruhi&#xD; oleh variabel kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar, sisanya&#xD; 34,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut diteliti.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/9/JURNAL_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Sari, Dewi Purnama (2013) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090054</relation><recordID>24736</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Sari, Dewi Purnama
title Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/24736/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/9/JURNAL_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24736/
contents Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar. 2) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar. 3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali yang berjumlah 140 siswa, dengan jumlah sampel 100 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda, uji t, uji F, dan uji R2. Berdasarkan hasil analisis regresi linier ganda diperoleh garis persamaan regresi Y = 49,485 + 0,404.X1 + 0,187.X2, yang berarti bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan: 1) Kedisiplinan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 6,028 > 1,985 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Kreativitas guru dalam mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 2,383 > 1,985 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,019. 3) Kedisiplinan belajar dan Kreativitas guru dalam mengajar berpengaruh positif terhadap Hasil belajar. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji F diketahui nilai Fhitung > Ftabel sebesar 60,117 > 3,090 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, berarti kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai R2 sebesar 0,553 berarti 55,3% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh variabel kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar, sisanya 34,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut diteliti.
id IOS2728.24736
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:16Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:17Z
recordtype dc
_version_ 1765810752242843648
score 17.538404