Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Sari, Dewi Purnama |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/24736/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/9/JURNAL_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/ |
ctrlnum |
24736 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24736/</relation><title>Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Sari, Dewi Purnama</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan
belajar terhadap hasil belajar. 2) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru
dalam mengajar terhadap hasil belajar. 3) Untuk mengetahui pengaruh
kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali yang
berjumlah 140 siswa, dengan jumlah sampel 100 siswa. Teknik pengambilan data
yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis regresi linier ganda, uji t, uji F, dan uji R2.
Berdasarkan hasil analisis regresi linier ganda diperoleh garis persamaan
regresi Y = 49,485 + 0,404.X1 + 0,187.X2, yang berarti bahwa hasil belajar
dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar.
Berdasarkan data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan: 1) Kedisiplinan
belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar. Hal ini
berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 6,028 > 1,985
dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Kreativitas guru dalam
mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar. Hal ini
berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 2,383 > 1,985
dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,019. 3) Kedisiplinan belajar dan
Kreativitas guru dalam mengajar berpengaruh positif terhadap Hasil belajar. Hal
ini berdasarkan hasil perhitungan uji F diketahui nilai Fhitung > Ftabel sebesar 60,117
> 3,090 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, berarti
kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar secara bersama-sama
berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil perhitungan
diperoleh nilai R2 sebesar 0,553 berarti 55,3% hasil belajar siswa dipengaruhi
oleh variabel kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar, sisanya
34,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut diteliti.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24736/9/JURNAL_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Sari, Dewi Purnama (2013) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090054</relation><recordID>24736</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Sari, Dewi Purnama |
title |
Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/24736/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/9/JURNAL_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/24736/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan
belajar terhadap hasil belajar. 2) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru
dalam mengajar terhadap hasil belajar. 3) Untuk mengetahui pengaruh
kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali yang
berjumlah 140 siswa, dengan jumlah sampel 100 siswa. Teknik pengambilan data
yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis regresi linier ganda, uji t, uji F, dan uji R2.
Berdasarkan hasil analisis regresi linier ganda diperoleh garis persamaan
regresi Y = 49,485 + 0,404.X1 + 0,187.X2, yang berarti bahwa hasil belajar
dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar.
Berdasarkan data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan: 1) Kedisiplinan
belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar. Hal ini
berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 6,028 > 1,985
dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Kreativitas guru dalam
mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar. Hal ini
berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 2,383 > 1,985
dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,019. 3) Kedisiplinan belajar dan
Kreativitas guru dalam mengajar berpengaruh positif terhadap Hasil belajar. Hal
ini berdasarkan hasil perhitungan uji F diketahui nilai Fhitung > Ftabel sebesar 60,117
> 3,090 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, berarti
kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar secara bersama-sama
berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil perhitungan
diperoleh nilai R2 sebesar 0,553 berarti 55,3% hasil belajar siswa dipengaruhi
oleh variabel kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar, sisanya
34,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut diteliti. |
id |
IOS2728.24736 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:46:16Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:46:17Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810752242843648 |
score |
17.538404 |