ctrlnum 24733
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24733/</relation><title>Perbandingan Strategi Pembelajaran Make A Match Dengan&#xD; Card Sort Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil&#xD; Belajar Biologi Pada Siswa Kelas VIII AMP Negeri 2&#xD; Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013 </title><creator>Cahyawati, Eneng</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan strategi pembelajaran Make a Match denganCard Sort terhadap hasil belajar pada materi IPA Biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran&#xD; 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental, bentuk desain Postest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono. Sampel menggunakan tiga kelas, 2 kelas&#xD; eksperimen yaitu kelas VIII F sebagai eksperimen I (menggunakan strategi pembelajaran Card Sort), kelas VIII B sebagai eksperimen II (menggunakan strategi pembelajaran Make a Match ) dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol.&#xD; Teknik penentuan sampel menggunakan random sampling. Tehnik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, indeks kesukaran soal, daya beda, reliabilitas dan untuk pengujian hipotesis dengan anova satu jalan (One Way Anova). Hasil pengujian hipotesis menggunakan a =5% menunjukkan Fhitung (33,656) lebih besar dari Ftabel (3,100069). Ftabel diperoleh dari nilai tabel F pada taraf signifikan 5% dengan (df=2, 88) yaitu sebesar 3,100069 maka H0 ditolak, yang berarti dari uji hipotesis One Way Anova diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada ketiga kelompok pembelajaran yang diterapkan antara&#xD; pembelajaran Card Sort, Make a Match dan konvensional. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rerata nilai hasil postes siswa menggunakan strategi pembelajaran Make a Match lebih tinggi (76,5) dibanding dengan strategi&#xD; pembelajaran Card Sort (71,2) dan kontrol (63,6). Disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Make a Match lebih baik/ efektif digunakan dalam pembelajaran materi IPA Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 2&#xD; Banyudono tahun ajaran 2012/2013. </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24733/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24733/2/04_BAB__I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24733/3/05_BAB__II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24733/4/06_BAB__III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24733/5/07_BAB__IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24733/6/08_BAB__V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24733/7/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24733/8/10_LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24733/9/02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Cahyawati, Eneng (2013) Perbandingan Strategi Pembelajaran Make A Match Dengan Card Sort Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas VIII AMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420090089</relation><recordID>24733</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Cahyawati, Eneng
title Perbandingan Strategi Pembelajaran Make A Match Dengan Card Sort Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas VIII AMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/24733/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24733/2/04_BAB__I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24733/3/05_BAB__II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24733/4/06_BAB__III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24733/5/07_BAB__IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24733/6/08_BAB__V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24733/7/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24733/8/10_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24733/9/02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24733/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan strategi pembelajaran Make a Match denganCard Sort terhadap hasil belajar pada materi IPA Biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental, bentuk desain Postest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono. Sampel menggunakan tiga kelas, 2 kelas eksperimen yaitu kelas VIII F sebagai eksperimen I (menggunakan strategi pembelajaran Card Sort), kelas VIII B sebagai eksperimen II (menggunakan strategi pembelajaran Make a Match ) dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Teknik penentuan sampel menggunakan random sampling. Tehnik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, indeks kesukaran soal, daya beda, reliabilitas dan untuk pengujian hipotesis dengan anova satu jalan (One Way Anova). Hasil pengujian hipotesis menggunakan a =5% menunjukkan Fhitung (33,656) lebih besar dari Ftabel (3,100069). Ftabel diperoleh dari nilai tabel F pada taraf signifikan 5% dengan (df=2, 88) yaitu sebesar 3,100069 maka H0 ditolak, yang berarti dari uji hipotesis One Way Anova diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada ketiga kelompok pembelajaran yang diterapkan antara pembelajaran Card Sort, Make a Match dan konvensional. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rerata nilai hasil postes siswa menggunakan strategi pembelajaran Make a Match lebih tinggi (76,5) dibanding dengan strategi pembelajaran Card Sort (71,2) dan kontrol (63,6). Disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Make a Match lebih baik/ efektif digunakan dalam pembelajaran materi IPA Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2012/2013.
id IOS2728.24733
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:16Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:17Z
recordtype dc
_version_ 1765810751998525440
score 17.538404