ctrlnum 24731
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24731/</relation><title>Bentuk Dan Posisi Tindak Persuasif Dalam Wacana Spanduk Di Lingkungan Pemerintahan Kota Surakarta: Kajian Pragmatik</title><creator>Fadilah, Nurul</creator><subject>P Philology. Linguistics</subject><description>Tujuan penelitian ini ada dua yaitu (1) mengklasifikasikan bentuk-bentuk&#xD; tindak persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan pemerintah kota Surakarta.&#xD; (2) mengklasifikasikan posisi tindak persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan&#xD; pemerintah kota Surakarta. Penelitian ini mengklasifikasikan bentuk-bentuk dan&#xD; posisi tindak persuasif dalam wacana spanduk yang ada di lingkungan pemerintahan&#xD; kota Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis&#xD; deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah memfokuskan pada tindak&#xD; persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan kota Surakarta. Data dalam&#xD; penelitian ini adalah tindak persuasif wacana spanduk di lingkungan kota Surakarta.&#xD; Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data tertulis, yaitu wacana spanduk&#xD; yang ada di lingkungan pemerintahan kota Surakarta. Teknik pengumpulan data&#xD; dalam penelitian ini adalah teknik simak, catat, dan dokumentasi. Teknik analisis&#xD; data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan padan ekstralingual. Hasil&#xD; penelitian ini disimpulkan bahwa bentuk-bentuk tindak persuasif dalam wacana&#xD; spanduk di lingkungan pemerintahan kota Surakarta ada lima kategori, yaitu bentuk&#xD; tindak persuasif ajakan, perintah, bujukan, saran, dan meyakinkan. Adapun bentuk&#xD; tindak persuasif tersebut dibagi menjadi enam kategori, yaitu dilihat dari segi politik,&#xD; sosial, ekonomi, pendidikan, agama, dan kesehatan. Ada empat kategori posisi tindak&#xD; persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan pemerintahan kota Surakarta, yaitu&#xD; posisi tindak persuasif anafora, katafora, tengah, dan campuran. Temuan dalam&#xD; penelitian ini, pertama bentuk tindak persuasif yang paling dominan adalah bentuk&#xD; tindak persuasif ajakan, dengan prosentase 23%. Posisi tindak persuasif yang paling&#xD; dominan adalah posisi tindak persuasif anafora, dengan prosentase 70%.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24731/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24731/2/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24731/3/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24731/4/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24731/5/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24731/6/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24731/7/09._Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24731/8/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24731/9/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Fadilah, Nurul (2013) Bentuk Dan Posisi Tindak Persuasif Dalam Wacana Spanduk Di Lingkungan Pemerintahan Kota Surakarta: Kajian Pragmatik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A310090045</relation><recordID>24731</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Fadilah, Nurul
title Bentuk Dan Posisi Tindak Persuasif Dalam Wacana Spanduk Di Lingkungan Pemerintahan Kota Surakarta: Kajian Pragmatik
publishDate 2013
topic P Philology. Linguistics
url http://eprints.ums.ac.id/24731/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24731/2/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24731/3/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24731/4/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24731/5/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24731/6/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24731/7/09._Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24731/8/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24731/9/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24731/
contents Tujuan penelitian ini ada dua yaitu (1) mengklasifikasikan bentuk-bentuk tindak persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan pemerintah kota Surakarta. (2) mengklasifikasikan posisi tindak persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan pemerintah kota Surakarta. Penelitian ini mengklasifikasikan bentuk-bentuk dan posisi tindak persuasif dalam wacana spanduk yang ada di lingkungan pemerintahan kota Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah memfokuskan pada tindak persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan kota Surakarta. Data dalam penelitian ini adalah tindak persuasif wacana spanduk di lingkungan kota Surakarta. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data tertulis, yaitu wacana spanduk yang ada di lingkungan pemerintahan kota Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak, catat, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan padan ekstralingual. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa bentuk-bentuk tindak persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan pemerintahan kota Surakarta ada lima kategori, yaitu bentuk tindak persuasif ajakan, perintah, bujukan, saran, dan meyakinkan. Adapun bentuk tindak persuasif tersebut dibagi menjadi enam kategori, yaitu dilihat dari segi politik, sosial, ekonomi, pendidikan, agama, dan kesehatan. Ada empat kategori posisi tindak persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan pemerintahan kota Surakarta, yaitu posisi tindak persuasif anafora, katafora, tengah, dan campuran. Temuan dalam penelitian ini, pertama bentuk tindak persuasif yang paling dominan adalah bentuk tindak persuasif ajakan, dengan prosentase 23%. Posisi tindak persuasif yang paling dominan adalah posisi tindak persuasif anafora, dengan prosentase 70%.
id IOS2728.24731
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:16Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:17Z
recordtype dc
_version_ 1765810751991185408
score 17.538404