Daftar Isi:
  • Secara umum, tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur komisif dalam wacana reklame di daerah Surakarta, (2) mendeskripsikan maksud yang terkandung dalam wacana reklame di daerah Surakarta, (3) mendeskripsikan strategi tindak tutur komisif dalam wacana reklame di daerah Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa, tindak tutur komisif dalam wacana reklame di daerah Surakarta. Sumber data penelitian ini berupa wacana reklame di daerah Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, simak, dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan ekstralingual. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) bentuk tindak tutur komisif dalam wacana reklame di daerah Surakarta dari 60 data ditemukan tindak tutur komisif sebanyak 83 tuturan. Tindak tutur komisif menawarkan sebanyak 60 tuturan dan tindak tutur komisif menjanjikan sebanyak 23 tuturan. Tindak tutur komisif menawarkan dikelompokkan menjadi dua yaitu tindak tutur komisif menawarkan produk sebanyak 27 tuturan dan tindak tutur komisif menawarkan jasa sebanyak 33 tuturan. (2) Maksud tindak tutur komisif dalam wacana reklame di daerah Surakarta, semuanya mengandung maksud yang ingin disampaikan penuturnya yaitu menawarkan dan menjanjikan barang atau jasa yang sedang dipromosikan perusahaan ataupun perorangan. (3) Strategi dalam penelitian ini ditemukan tindak tutur komisif langsung menawarkan produk sebanyak 27 tuturan dengan modus ajakan, tindak tutur komisif langsung menawarkan jasa sebanyak 33 tuturan dengan modus ajakan, dan tindak tutur komisif tidak langsung menjanjikan sebanyak 23 tuturan dengan modus ajakan.