Perbedaan Penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Dengan Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Siswa Kelas VII MTs N Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Anjawawi, Kiki
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/24705/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/2/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/5/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/7/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/8/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/9/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/10/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/13/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/15/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/
ctrlnum 24705
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24705/</relation><title>Perbedaan Penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Dengan Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Siswa Kelas VII MTs N Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Anjawawi, Kiki</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dengan Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Mts N Ngemplak&#xD; Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Kelas yang digunakan dalam penelitian dipilih tiga kelas secara acak atau random yang akan menggunakan pembelajaran yang berbeda. Pada kelas VIIE menggunakan strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ), VIIA menggunakan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH), dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol (konvensional). Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik dokumentasi, dan tes. Analisa data menggunakan uji statistika one way ANOVA.Untuk uji&#xD; hipotesis menunjukkan nilai Fhitung (12,124) lebih besar dari Ftabel (3,07). Nilai Ftabel diperoleh dari nilai signifikansi 5% dengan (df=117) yaitu sebesar 3,07, maka H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok perlakuan yaitu antara strategi Learning Start With A Question (LSQ), Question Student Have (QSH), dan kontrol. Berdasarkan nilai hasil postest siswa&#xD; menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) lebih tinggi yaitu (78,5) dibandingkan dengan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) yaitu sebesar (73) dan kontrol sebesar (67,30). Pada aspek afektif juga menunjukkan nilai tertinggi pada penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dibandingkan dengan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) dan kontrol. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan strategi Learning Start With A Question (LSQ) lebih baik digunakan dalam pelajaran biologi materi ekosistem pada siswa kelas VII MTs N Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2012/2013. </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24705/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24705/2/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24705/5/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24705/7/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24705/8/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24705/9/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24705/10/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24705/13/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24705/15/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Anjawawi, Kiki (2013) Perbedaan Penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Dengan Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Siswa Kelas VII MTs N Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420090067</relation><recordID>24705</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Anjawawi, Kiki
title Perbedaan Penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Dengan Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Siswa Kelas VII MTs N Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/24705/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/2/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/5/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/7/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/8/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/9/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/10/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/13/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/15/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24705/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dengan Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Mts N Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Kelas yang digunakan dalam penelitian dipilih tiga kelas secara acak atau random yang akan menggunakan pembelajaran yang berbeda. Pada kelas VIIE menggunakan strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ), VIIA menggunakan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH), dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol (konvensional). Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik dokumentasi, dan tes. Analisa data menggunakan uji statistika one way ANOVA.Untuk uji hipotesis menunjukkan nilai Fhitung (12,124) lebih besar dari Ftabel (3,07). Nilai Ftabel diperoleh dari nilai signifikansi 5% dengan (df=117) yaitu sebesar 3,07, maka H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok perlakuan yaitu antara strategi Learning Start With A Question (LSQ), Question Student Have (QSH), dan kontrol. Berdasarkan nilai hasil postest siswa menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) lebih tinggi yaitu (78,5) dibandingkan dengan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) yaitu sebesar (73) dan kontrol sebesar (67,30). Pada aspek afektif juga menunjukkan nilai tertinggi pada penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dibandingkan dengan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) dan kontrol. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan strategi Learning Start With A Question (LSQ) lebih baik digunakan dalam pelajaran biologi materi ekosistem pada siswa kelas VII MTs N Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2012/2013.
id IOS2728.24705
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:12Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:16Z
recordtype dc
_version_ 1765810751899959296
score 17.538404