Penerapan Model Pembelajaran Scramble dan STAD (Student Team Achievement Divisions) Disertai Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas VIII D MTs Negeri Surakarta 1 Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Mahesti, Maya Tri
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/24690/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24690/2/04_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24690/3/05_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24690/5/06_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24690/7/07_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24690/8/08_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24690/9/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24690/11/10_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24690/12/02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24690/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran bukanlah konsekuensi otomatis dari penuangan informasi ke dalam benak siswa, namun pembelajaran merupakan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas VIII melalui pendekatan cooperatif learning dan dengan model pembelajaran scramble dan STAD disertai dengan media gambar. Hasil belajar siswa dalam biologi dilihat dari indikator: (a) pemahaman, (b) keaktifan. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D MTs Negeri Surakarta 1, yang berjumlah 36 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, observasi, studi dokumen, evaluasi (post test). Tehnik analisis data yaitu dengan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tiaptiap indikator hasil belajar dalam penelitian ini mengalami peningkatan. Peningkatan pemahaman meningkat dari 47,22% menjadi 97,22%. Peningkatan keaktifan meliputi : (1) kedisiplinan siswa dari 16,66% menjadi 94,44%, (2) kegiatan siswa secara lisan dari menjawab, bertanya atau pun berpendapat dari 16,66% menjadi 94,44%, (3) perhatian siswa terhadap pembelajaran dari 27,77% menjadi 100%, (4) siswa yang berinisiatif mencatat/merangkum dari 25% menjadi 97,22%, (5) Kegiatan motorik siswa dalam pembelajaran dari 36,11% menjadi 97,22%, (6) siswa yang pemberani/berfikir dari 22,22% menjadi 97,22%, (7) antusias/minat siswa dari 25% menjadi 100%. Berdasarkan peningkatan indikatorindikator tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran scramble dan STAD disertai dengan media gambar dapat meninglatkan hasil belajar siswa pada pembelajarn biologi kelas VIII D MTs Negeri Surakarta 1.