ctrlnum 24665
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24665/</relation><title>Hasil Belajar Ekonomi Siswa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Dan Fasilitas Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Devi, Yunia Mita</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh keaktifan&#xD; siswa dalam proses belajar mengajar terhadap hasil belajar ekonomi, 2) pengaruh&#xD; fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi, 3) pengaruh keaktifan siswa dalam&#xD; proses belajar mengajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi.&#xD; Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang&#xD; kesimpulannnya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini&#xD; mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Wonosari. Populasi dalam penelitian ini&#xD; adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2012/2013&#xD; yang berjumlah 280 siswa dengan sampel 155 siswa yang diambil dengan teknik&#xD; proportionate random sampling. Data yang yang diperlukan diperoleh melalui&#xD; metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan&#xD; dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan&#xD; adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan&#xD; efektif.&#xD; Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 63,636+0,204X1+&#xD; 0,171X2 yang artinya hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh keaktifan siswa&#xD; dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar. Kesimpulan yang diperoleh&#xD; adalah: 1) Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar berpengaruh positif&#xD; terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari tahun&#xD; Ajaran 2012/2013. Berdasarkan uji t diperoleh thitung &gt; ttabel yaitu 4,445 &gt; 1,976&#xD; dan nilai signifikansi &lt; 0,05 yaitu 0,000. 2) Fasilitas belajar berpengaruh positif&#xD; terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari tahun&#xD; Ajaran 2012/2013. Berdasarkan uji t diperoleh thitung &gt; ttabel yaitu 3,757 &gt; 1,976&#xD; dan nilai signifikansi &lt; 0,05 yaitu 0,000. 3) Keaktifan siswa dalam proses belajar&#xD; mengajar dan fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi&#xD; pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari tahun Ajaran 2012/2013.&#xD; Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung &gt; Ftabel yaitu 27,514 &gt; 3,056 dan nilai&#xD; signifikansi &lt; 0,05 yaitu 0,000. 4) Variabel X1 memberikan sumbangan relatif&#xD; sebesar 56,1%% dan sumbangan efektif sebesar 14,92%, variabel X2 memberikan&#xD; sumbangan relatif sebesar 43,9% dan sumbangan efektif sebesar 11,68%. 5) Hasil&#xD; perhitungan R2 diperoleh 0,266, berarti 26,6% hasil belajar ekonomi dipengaruhi&#xD; oleh keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar, sisanya&#xD; sebesar 73,4% dipengaruhi variabel di luar penelitian.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/3/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/4/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/5/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/6/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/8/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/13/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/14/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/16/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Devi, Yunia Mita (2013) Hasil Belajar Ekonomi Siswa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Dan Fasilitas Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090102</relation><recordID>24665</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Devi, Yunia Mita
title Hasil Belajar Ekonomi Siswa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Dan Fasilitas Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/24665/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24665/3/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24665/4/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24665/5/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24665/6/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24665/8/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24665/13/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24665/14/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24665/16/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24665/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar terhadap hasil belajar ekonomi, 2) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi, 3) pengaruh keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Wonosari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 280 siswa dengan sampel 155 siswa yang diambil dengan teknik proportionate random sampling. Data yang yang diperlukan diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 63,636+0,204X1+ 0,171X2 yang artinya hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari tahun Ajaran 2012/2013. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,445 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 2) Fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari tahun Ajaran 2012/2013. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,757 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 3) Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari tahun Ajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 27,514 > 3,056 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 4) Variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 56,1%% dan sumbangan efektif sebesar 14,92%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 43,9% dan sumbangan efektif sebesar 11,68%. 5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,266, berarti 26,6% hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar, sisanya sebesar 73,4% dipengaruhi variabel di luar penelitian.
id IOS2728.24665
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:10Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:12Z
recordtype dc
_version_ 1765810751747915776
score 17.538404