Hasil Belajar Ekonomi Siswa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Dan Fasilitas Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Devi, Yunia Mita |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/24665/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/3/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/4/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/5/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/6/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/8/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/13/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/14/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/16/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/ |
ctrlnum |
24665 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24665/</relation><title>Hasil Belajar Ekonomi Siswa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Dan Fasilitas Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Devi, Yunia Mita</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh keaktifan
siswa dalam proses belajar mengajar terhadap hasil belajar ekonomi, 2) pengaruh
fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi, 3) pengaruh keaktifan siswa dalam
proses belajar mengajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang
kesimpulannnya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini
mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Wonosari. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2012/2013
yang berjumlah 280 siswa dengan sampel 155 siswa yang diambil dengan teknik
proportionate random sampling. Data yang yang diperlukan diperoleh melalui
metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan
dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan
efektif.
Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 63,636+0,204X1+
0,171X2 yang artinya hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh keaktifan siswa
dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar. Kesimpulan yang diperoleh
adalah: 1) Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar berpengaruh positif
terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari tahun
Ajaran 2012/2013. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,445 > 1,976
dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 2) Fasilitas belajar berpengaruh positif
terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari tahun
Ajaran 2012/2013. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,757 > 1,976
dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 3) Keaktifan siswa dalam proses belajar
mengajar dan fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi
pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari tahun Ajaran 2012/2013.
Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 27,514 > 3,056 dan nilai
signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 4) Variabel X1 memberikan sumbangan relatif
sebesar 56,1%% dan sumbangan efektif sebesar 14,92%, variabel X2 memberikan
sumbangan relatif sebesar 43,9% dan sumbangan efektif sebesar 11,68%. 5) Hasil
perhitungan R2 diperoleh 0,266, berarti 26,6% hasil belajar ekonomi dipengaruhi
oleh keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar, sisanya
sebesar 73,4% dipengaruhi variabel di luar penelitian.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/3/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/4/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/5/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/6/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/8/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/13/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/14/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24665/16/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Devi, Yunia Mita (2013) Hasil Belajar Ekonomi Siswa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Dan Fasilitas Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090102</relation><recordID>24665</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Devi, Yunia Mita |
title |
Hasil Belajar Ekonomi Siswa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Dan Fasilitas Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2012/2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/24665/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/3/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/4/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/5/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/6/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/8/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/13/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/14/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/16/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/24665/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh keaktifan
siswa dalam proses belajar mengajar terhadap hasil belajar ekonomi, 2) pengaruh
fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi, 3) pengaruh keaktifan siswa dalam
proses belajar mengajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang
kesimpulannnya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini
mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Wonosari. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2012/2013
yang berjumlah 280 siswa dengan sampel 155 siswa yang diambil dengan teknik
proportionate random sampling. Data yang yang diperlukan diperoleh melalui
metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan
dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan
efektif.
Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 63,636+0,204X1+
0,171X2 yang artinya hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh keaktifan siswa
dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar. Kesimpulan yang diperoleh
adalah: 1) Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar berpengaruh positif
terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari tahun
Ajaran 2012/2013. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,445 > 1,976
dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 2) Fasilitas belajar berpengaruh positif
terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari tahun
Ajaran 2012/2013. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,757 > 1,976
dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 3) Keaktifan siswa dalam proses belajar
mengajar dan fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi
pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari tahun Ajaran 2012/2013.
Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 27,514 > 3,056 dan nilai
signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 4) Variabel X1 memberikan sumbangan relatif
sebesar 56,1%% dan sumbangan efektif sebesar 14,92%, variabel X2 memberikan
sumbangan relatif sebesar 43,9% dan sumbangan efektif sebesar 11,68%. 5) Hasil
perhitungan R2 diperoleh 0,266, berarti 26,6% hasil belajar ekonomi dipengaruhi
oleh keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar dan fasilitas belajar, sisanya
sebesar 73,4% dipengaruhi variabel di luar penelitian. |
id |
IOS2728.24665 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:46:10Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:46:12Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810751747915776 |
score |
17.538404 |