Pengaruh Kemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Ada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Handayani, Ani |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/24663/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/2/04._BAB_I_NEW.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/3/05._BAB_II_NEW.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/5/06._BAB_III_NEW.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/6/07._BAB_IV_new.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/7/08._BAB_V_new.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/8/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/9/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/11/02._JURNAL_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/ |
ctrlnum |
24663 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24663/</relation><title>Pengaruh Kemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Ada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Handayani, Ani</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui
pengaruh kemanfaatan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI
IPS SMA N I Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013. 2) Untuk mengetahui
pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N I
Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013. 3) Untuk mengetahui pengaruh kemanfaatan
lembar keja siswa dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI
IPS SMA N I Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan
penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N I Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013.
Sampel diambil sebanyak adalah 95 siswa. Data yang diperlukan diperoleh
melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji
validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 36,429 +
0, 462 X1 + 0, 286 X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
dipengaruhi oleh kemanfaatan lembar keja siswa dan kemandirian belajar.
Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Kemanfaatan lembar kerja siswa
berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t
yang memperoleh thitung variabel kemanfaatan lembar kerja siswa (X1) sebesar
3,222 lebih besar dari ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5%. 2) Kemandirian
belajar bepengaruh pada hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang
memperoleh thitung variabel lingkungan sosial (X2) sebesar 2,865 lebih besar dari
ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5%. 3) Kemanfaatan lembar kerja siswa dan
kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil
belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel
(16,907 > 3,15) pada taraf signifikansi 5%. 4)Hasil perhitungan sumbangan
efektif menunjukkan bahwa kontribusi kemanfaatan lembar kerja siswa terhadap
hasil belajar siswa adalah sebesar 22,2% dan variabel kemandirian belajar
memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 13,3% sehingga total
sumbangan kemanfaatan lembar kerja siswa dan kemandirian belajar dalam
meningkatkan hasil belajar siswa adalah sebesar 35,5%. Dalam penelitian ini
variabel kemanfaatan lembar kerja siswa dan kemandirian belajar memiliki
kontribusi yang cukup kecil terhadap hasil belajar siswa.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/2/04._BAB_I_NEW.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/3/05._BAB_II_NEW.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/5/06._BAB_III_NEW.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/6/07._BAB_IV_new.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/7/08._BAB_V_new.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/8/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/9/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/11/02._JURNAL_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Handayani, Ani (2013) Pengaruh Kemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Ada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090212</relation><recordID>24663</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Handayani, Ani |
title |
Pengaruh Kemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Ada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2012/2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/24663/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/2/04._BAB_I_NEW.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/3/05._BAB_II_NEW.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/5/06._BAB_III_NEW.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/6/07._BAB_IV_new.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/7/08._BAB_V_new.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/8/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/9/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/11/02._JURNAL_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/24663/ |
contents |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui
pengaruh kemanfaatan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI
IPS SMA N I Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013. 2) Untuk mengetahui
pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N I
Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013. 3) Untuk mengetahui pengaruh kemanfaatan
lembar keja siswa dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI
IPS SMA N I Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan
penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N I Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013.
Sampel diambil sebanyak adalah 95 siswa. Data yang diperlukan diperoleh
melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji
validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 36,429 +
0, 462 X1 + 0, 286 X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
dipengaruhi oleh kemanfaatan lembar keja siswa dan kemandirian belajar.
Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Kemanfaatan lembar kerja siswa
berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t
yang memperoleh thitung variabel kemanfaatan lembar kerja siswa (X1) sebesar
3,222 lebih besar dari ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5%. 2) Kemandirian
belajar bepengaruh pada hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang
memperoleh thitung variabel lingkungan sosial (X2) sebesar 2,865 lebih besar dari
ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5%. 3) Kemanfaatan lembar kerja siswa dan
kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil
belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel
(16,907 > 3,15) pada taraf signifikansi 5%. 4)Hasil perhitungan sumbangan
efektif menunjukkan bahwa kontribusi kemanfaatan lembar kerja siswa terhadap
hasil belajar siswa adalah sebesar 22,2% dan variabel kemandirian belajar
memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 13,3% sehingga total
sumbangan kemanfaatan lembar kerja siswa dan kemandirian belajar dalam
meningkatkan hasil belajar siswa adalah sebesar 35,5%. Dalam penelitian ini
variabel kemanfaatan lembar kerja siswa dan kemandirian belajar memiliki
kontribusi yang cukup kecil terhadap hasil belajar siswa. |
id |
IOS2728.24663 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:46:10Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:46:12Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810751738478592 |
score |
17.538404 |