ctrlnum 24663
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24663/</relation><title>Pengaruh Kemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Ada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Handayani, Ani</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui&#xD; pengaruh kemanfaatan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI&#xD; IPS SMA N I Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013. 2) Untuk mengetahui&#xD; pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N I&#xD; Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013. 3) Untuk mengetahui pengaruh kemanfaatan&#xD; lembar keja siswa dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI&#xD; IPS SMA N I Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013&#xD; Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan&#xD; penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini&#xD; adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N I Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013.&#xD; Sampel diambil sebanyak adalah 95 siswa. Data yang diperlukan diperoleh&#xD; melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji&#xD; validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah&#xD; analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan efektif.&#xD; Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 36,429 +&#xD; 0, 462 X1 + 0, 286 X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa&#xD; dipengaruhi oleh kemanfaatan lembar keja siswa dan kemandirian belajar.&#xD; Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Kemanfaatan lembar kerja siswa&#xD; berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t&#xD; yang memperoleh thitung variabel kemanfaatan lembar kerja siswa (X1) sebesar&#xD; 3,222 lebih besar dari ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5%. 2) Kemandirian&#xD; belajar bepengaruh pada hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang&#xD; memperoleh thitung variabel lingkungan sosial (X2) sebesar 2,865 lebih besar dari&#xD; ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5%. 3) Kemanfaatan lembar kerja siswa dan&#xD; kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil&#xD; belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung &gt; Ftabel&#xD; (16,907 &gt; 3,15) pada taraf signifikansi 5%. 4)Hasil perhitungan sumbangan&#xD; efektif menunjukkan bahwa kontribusi kemanfaatan lembar kerja siswa terhadap&#xD; hasil belajar siswa adalah sebesar 22,2% dan variabel kemandirian belajar&#xD; memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 13,3% sehingga total&#xD; sumbangan kemanfaatan lembar kerja siswa dan kemandirian belajar dalam&#xD; meningkatkan hasil belajar siswa adalah sebesar 35,5%. Dalam penelitian ini&#xD; variabel kemanfaatan lembar kerja siswa dan kemandirian belajar memiliki&#xD; kontribusi yang cukup kecil terhadap hasil belajar siswa.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/2/04._BAB_I_NEW.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/3/05._BAB_II_NEW.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/5/06._BAB_III_NEW.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/6/07._BAB_IV_new.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/7/08._BAB_V_new.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/8/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/9/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24663/11/02._JURNAL_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Handayani, Ani (2013) Pengaruh Kemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Ada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090212</relation><recordID>24663</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Handayani, Ani
title Pengaruh Kemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Ada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/24663/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24663/2/04._BAB_I_NEW.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24663/3/05._BAB_II_NEW.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24663/5/06._BAB_III_NEW.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24663/6/07._BAB_IV_new.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24663/7/08._BAB_V_new.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24663/8/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24663/9/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24663/11/02._JURNAL_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24663/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh kemanfaatan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N I Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013. 2) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N I Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013. 3) Untuk mengetahui pengaruh kemanfaatan lembar keja siswa dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N I Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013 Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N I Mojolaban tahun ajaran 2012 / 2013. Sampel diambil sebanyak adalah 95 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 36,429 + 0, 462 X1 + 0, 286 X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kemanfaatan lembar keja siswa dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Kemanfaatan lembar kerja siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung variabel kemanfaatan lembar kerja siswa (X1) sebesar 3,222 lebih besar dari ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5%. 2) Kemandirian belajar bepengaruh pada hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung variabel lingkungan sosial (X2) sebesar 2,865 lebih besar dari ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5%. 3) Kemanfaatan lembar kerja siswa dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (16,907 > 3,15) pada taraf signifikansi 5%. 4)Hasil perhitungan sumbangan efektif menunjukkan bahwa kontribusi kemanfaatan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 22,2% dan variabel kemandirian belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 13,3% sehingga total sumbangan kemanfaatan lembar kerja siswa dan kemandirian belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah sebesar 35,5%. Dalam penelitian ini variabel kemanfaatan lembar kerja siswa dan kemandirian belajar memiliki kontribusi yang cukup kecil terhadap hasil belajar siswa.
id IOS2728.24663
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:10Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:12Z
recordtype dc
_version_ 1765810751738478592
score 17.538404