ctrlnum 24659
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24659/</relation><title>Perbedaan Hasil Belajar Biologi Antara Strategi Card Sort Dengan Make A Match Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Yuliana, Winda</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Pembelajaran adalah inti kegiatan dalam pendidikan. Segala sesuatu yang telah diprogramkan akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan strategi card sort, make a match dan konvensional ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMPN1 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Hasil belajar siswa ditinjau dari nilai kognitif dan afektif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen I (card sort), kelas VII D sebagai kelas eksperimen II (make a match) dan kelas VII E sebagai kelas kontrol (konvensional). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistika one-way anova melalui program SPSS 16.0 for windows. Hasil nilai rata-rata postest siswa menggunakan pembelajaran make a match sebesar (87,18) lebih tinggi dari pada menggunakan card sort sebesar (85,96) dan konvensional sebesar (81,62). Hasil penilaian afektif siswa menggunakan strategi make a match sebesar (3,58) lebih tinggi dari pada menggunakan card sort sebesar (3,42) dan konvensional sebesar (2,98). Hal ini menunjukan bahwa siswa lebih aktif pada proses pembelajaran menggunakan strategi make a match. Hasil uji hipotesis terlihat bahwa nilai Fhitung (8,430) pada aspek kognitif dan (12,041) pada aspek afektif lebih besar dari Ftabel (3,083), maka H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran eksperimen yaitu pembelajaran card sort, make a match dan konvensional. Pada uji lanjut menggunakan post hoc test pada strategi card sort tidak menunjukkan perbedaan dengan strategi make a match baik aspek kognitif maupun afektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi card sort dan make a match tidak ada perbedaan hasil belajar, akan tetapi kedua strategi ini lebih baik dari pada kontrol dilihat dari aspek kognitif dan afektif</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24659/1/00._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24659/3/01._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24659/4/02._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24659/6/03._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24659/14/Bab_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24659/15/05._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24659/16/06._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24659/18/07._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24659/19/08._Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Yuliana, Winda (2013) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Antara Strategi Card Sort Dengan Make A Match Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420090178</relation><recordID>24659</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Yuliana, Winda
title Perbedaan Hasil Belajar Biologi Antara Strategi Card Sort Dengan Make A Match Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/24659/1/00._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24659/3/01._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24659/4/02._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24659/6/03._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24659/14/Bab_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24659/15/05._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24659/16/06._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24659/18/07._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24659/19/08._Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24659/
contents Pembelajaran adalah inti kegiatan dalam pendidikan. Segala sesuatu yang telah diprogramkan akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan strategi card sort, make a match dan konvensional ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMPN1 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Hasil belajar siswa ditinjau dari nilai kognitif dan afektif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen I (card sort), kelas VII D sebagai kelas eksperimen II (make a match) dan kelas VII E sebagai kelas kontrol (konvensional). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistika one-way anova melalui program SPSS 16.0 for windows. Hasil nilai rata-rata postest siswa menggunakan pembelajaran make a match sebesar (87,18) lebih tinggi dari pada menggunakan card sort sebesar (85,96) dan konvensional sebesar (81,62). Hasil penilaian afektif siswa menggunakan strategi make a match sebesar (3,58) lebih tinggi dari pada menggunakan card sort sebesar (3,42) dan konvensional sebesar (2,98). Hal ini menunjukan bahwa siswa lebih aktif pada proses pembelajaran menggunakan strategi make a match. Hasil uji hipotesis terlihat bahwa nilai Fhitung (8,430) pada aspek kognitif dan (12,041) pada aspek afektif lebih besar dari Ftabel (3,083), maka H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran eksperimen yaitu pembelajaran card sort, make a match dan konvensional. Pada uji lanjut menggunakan post hoc test pada strategi card sort tidak menunjukkan perbedaan dengan strategi make a match baik aspek kognitif maupun afektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi card sort dan make a match tidak ada perbedaan hasil belajar, akan tetapi kedua strategi ini lebih baik dari pada kontrol dilihat dari aspek kognitif dan afektif
id IOS2728.24659
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:10Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:12Z
recordtype dc
_version_ 1765810751719604224
score 17.538404