ctrlnum 24646
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24646/</relation><title>Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Strategi&#xD; Pembelajaran Card Sort Dan Index Card Match Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Muzaimah, Erlin</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi setelah menggunakan strategi pembelajaran Card Sort dan Index Card Match siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian True Experiment, bentuk desain Postest-Only Control Design. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura. Sampel penelitian ini menggunakan tiga kelas, 2 kelas eksperimen yaitu kelas VIII A sebagai eksperimen I (menggunakan Card Sort), kelas VIII F sebagai eksperimen II (menggunakan Index Card Match) dan kelas VIII C sebagai kelas control (tanpa perlakuan). Tehnik penentuan sampel menggunakan random sampling. Tehnik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas,&#xD; derajat kesukaran soal, daya beda dan untuk pengujian hipotesis dengan anova satu jalan (One Way Anova). Hasil pengujian hipotesis menggunakan &#x3B1;=5% menunjukkan Fhitung (16,450) lebih besar dari Ftabel (3,093). Ftabel diperoleh dari nilai tabel F apada taraf signifikan 5% dengan (df=2, 94) yaitu sebesar 3,093 maka H0 ditolak, yang berarti dari uji hipotesis anova satu jalan diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil postest siswa menggunakan Index Card Match lebih tinggi (86,72) dibanding dengan Card Sort (78,75) dan kontrol (73,79) hal ini didukung pula berdasar penilaian aspek afektif siswa pada pembelajaran menggunakan Index Card Match lebih tinggi daripada Card Sort dan kontrol. Disimpulkan bahwa penggunaan strategi&#xD; pembelajaran Index Card Match lebih baik yaitu 86,72 dibanding dengan Card Sort (78,75) dan konvensional (73,79) untuk materi gerak tumbuhan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura Sukoharjo tahun ajran 2012/2013.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24646/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24646/3/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24646/6/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24646/8/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24646/9/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24646/10/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24646/18/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24646/19/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24646/20/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Muzaimah, Erlin (2013) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Strategi Pembelajaran Card Sort Dan Index Card Match Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420090014</relation><recordID>24646</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Muzaimah, Erlin
title Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Strategi Pembelajaran Card Sort Dan Index Card Match Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/24646/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24646/3/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24646/6/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24646/8/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24646/9/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24646/10/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24646/18/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24646/19/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24646/20/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24646/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi setelah menggunakan strategi pembelajaran Card Sort dan Index Card Match siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian True Experiment, bentuk desain Postest-Only Control Design. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura. Sampel penelitian ini menggunakan tiga kelas, 2 kelas eksperimen yaitu kelas VIII A sebagai eksperimen I (menggunakan Card Sort), kelas VIII F sebagai eksperimen II (menggunakan Index Card Match) dan kelas VIII C sebagai kelas control (tanpa perlakuan). Tehnik penentuan sampel menggunakan random sampling. Tehnik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, derajat kesukaran soal, daya beda dan untuk pengujian hipotesis dengan anova satu jalan (One Way Anova). Hasil pengujian hipotesis menggunakan α=5% menunjukkan Fhitung (16,450) lebih besar dari Ftabel (3,093). Ftabel diperoleh dari nilai tabel F apada taraf signifikan 5% dengan (df=2, 94) yaitu sebesar 3,093 maka H0 ditolak, yang berarti dari uji hipotesis anova satu jalan diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil postest siswa menggunakan Index Card Match lebih tinggi (86,72) dibanding dengan Card Sort (78,75) dan kontrol (73,79) hal ini didukung pula berdasar penilaian aspek afektif siswa pada pembelajaran menggunakan Index Card Match lebih tinggi daripada Card Sort dan kontrol. Disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Index Card Match lebih baik yaitu 86,72 dibanding dengan Card Sort (78,75) dan konvensional (73,79) untuk materi gerak tumbuhan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura Sukoharjo tahun ajran 2012/2013.
id IOS2728.24646
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:10Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:11Z
recordtype dc
_version_ 1765810751673466880
score 17.538404