Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Surakarta 1)

Main Author: Kusumaningtyas, Yolan
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/24622/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/21/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/22/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/
ctrlnum 24622
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24622/</relation><title>Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Surakarta 1) </title><creator>Kusumaningtyas, Yolan</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) di kelas VIIIA MTs Negeri Surakarta 1. Penelitian ini termasuk jenis PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek dalam penelitian ini adalah guru dengan siswa kelas VIIIA MTs Negeri Surakarta 1. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa siswa.Hal ini dapat terlihat dari : (1) Menyelesaikan tugasnya sendiri sebelum tindakan 16,67% dan di akhir tindakan mencapai 73,33%. (2) Mengatasi masalah belajarnya sendiri sebelum tindakan 16,67% dan di akhir tindakan mencapai 76,67%. (3) Percaya pada diri sendiri sebelum tindakan 26,67% dan di akhir tindakan mencapai 83,33%. (4) Mengatur dirinya sendiri sebelum tindakan 23,33% dan di akhir tindakan mencapai 83,33%. Nilai siswa yang tuntas &#x2265; 63 sebelum tindakan 16,67 % dan di akhir tindakan 83,33%. Berdasarkan data hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24622/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24622/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24622/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24622/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24622/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24622/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24622/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24622/21/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24622/22/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Kusumaningtyas, Yolan (2013) Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Surakarta 1). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A41009063</relation><recordID>24622</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Kusumaningtyas, Yolan
title Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Surakarta 1)
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/24622/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/21/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/22/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24622/
contents Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) di kelas VIIIA MTs Negeri Surakarta 1. Penelitian ini termasuk jenis PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek dalam penelitian ini adalah guru dengan siswa kelas VIIIA MTs Negeri Surakarta 1. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa siswa.Hal ini dapat terlihat dari : (1) Menyelesaikan tugasnya sendiri sebelum tindakan 16,67% dan di akhir tindakan mencapai 73,33%. (2) Mengatasi masalah belajarnya sendiri sebelum tindakan 16,67% dan di akhir tindakan mencapai 76,67%. (3) Percaya pada diri sendiri sebelum tindakan 26,67% dan di akhir tindakan mencapai 83,33%. (4) Mengatur dirinya sendiri sebelum tindakan 23,33% dan di akhir tindakan mencapai 83,33%. Nilai siswa yang tuntas ≥ 63 sebelum tindakan 16,67 % dan di akhir tindakan 83,33%. Berdasarkan data hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.
id IOS2728.24622
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:10Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:11Z
recordtype dc
_version_ 1765810751336873984
score 17.538404