Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan Dan Media Realita Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan Siswa Kelas Iv SD Negeri Pilang 1 Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Sariyanto, Didik |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/24575/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24575/4/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/24575/6/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/24575/7/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/24575/9/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/24575/11/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/24575/12/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/24575/13/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/24575/14/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24575/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media blok pecahan berpengaruh lebih baik terhadap pemahaman konsep pecahan dibandingkan media realita siswa kelas IV SD Negeri Pilang 1 Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen. Rancangan penelitian yaitu control-group posttest only. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pilang 1 sejumlah 51 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui pemahaman konsep pecahan dan dokumentasi untuk mengetahui nama-nama siswa kelas IV objek yang diteliti. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media blok pecahan berpengaruh lebih baik terhadap pemahaman konsep pecahan daripada media realita. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai postes pada kelompok eksperimen 75,23 sedangkan kelompok kontrol 67,63 dan diperoleh hasil penghitungan uji-t dengan taraf signifikan 5% yaitu thitung > ttabel (2,2049> 1,671).