Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013)

Main Author: Rohmiyati, Elida
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/24460/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24460/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24460/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24460/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24460/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24460/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24460/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24460/10/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24460/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24460/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu dengan penerapan strategi pembelajaran scramble, (2)mengidentifikasi kendala-kendala yang ditemui dalam penerapan strategi pembelajaran scramble dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu, (3) mendapatkan solusi dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran scramble. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Colomadu. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIE yang berjumlah 34 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dengan bantuan guru matematika. Data dikumpulkan melalui metode observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data di analisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan strategi pembelajaran scramble dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aspek-aspek sebagai berikut : 1) antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan (32,35%), siklus I (52,94%), siklus II (79,41%); 2) antusias siswa menyanggah atau menanggapi setiap pertanyaan sebelum tindakan (11,76%), siklus I (32,35%), siklus II (47,06%); 3) mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan oleh guru sebelum tindakan (26,47%), siklus I (52,94%), siklus II (70,59%); 4) kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika dengan nilai KKM ≥ 70 sebelum tindakan (44,18%), siklus I (61,76%), siklus II (88,24%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran scramble dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika