Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VII F SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Ningsih, Wulan
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/24445/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/7/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/14/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/25/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/
ctrlnum 24445
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24445/</relation><title>Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi&#xD; Kelas VII F SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013&#xD; </title><creator>Ningsih, Wulan</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada mata pelajaran Ekonomi kelas VII F SMP Al-Islam 1 Surakarta. Jenis penelitian&#xD; ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan,&#xD; observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi dan siswa kelas VII F SMP Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, dan&#xD; dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data keaktifan siswa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 21,56%. Sedangkan dari hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada&#xD; siklus I prosentase keaktifan siswa meningkat sebesar 50,97%, siklus II mengalami peningkatan dengan prosentase sebesar 80,40%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VII F SMP Al-Islam 1&#xD; Surakarta tahun ajaran 2012/2013.&#xD; </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24445/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24445/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24445/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24445/7/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24445/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24445/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24445/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24445/14/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24445/25/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Ningsih, Wulan (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VII F SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090067</relation><recordID>24445</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Ningsih, Wulan
title Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VII F SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/24445/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/7/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/14/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/25/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24445/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada mata pelajaran Ekonomi kelas VII F SMP Al-Islam 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi dan siswa kelas VII F SMP Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data keaktifan siswa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 21,56%. Sedangkan dari hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada siklus I prosentase keaktifan siswa meningkat sebesar 50,97%, siklus II mengalami peningkatan dengan prosentase sebesar 80,40%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VII F SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013.
id IOS2728.24445
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:01Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:02Z
recordtype dc
_version_ 1765810750414127104
score 17.538404