ctrlnum 24440
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24440/</relation><title>Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Akuntansi Sekolah Menengah Atas Negeri I Bulu tahun Ajaran 2012/ 2013&#xD; </title><creator>Wulandari, Erna Catur </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dalam kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013, 2) Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dalam kompetensi profesional terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013, 3) Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dalam kompetensi pedagogikk dan kompetensi professional terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/ 2013.&#xD; Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 84 siswa dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif.&#xD; Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 75,780 + 0.124X1 + 0.155X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansidipengaruhi oleh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Kompetensi Pedagogik berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung&gt; ttabel, 2.761 &gt;2,000 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,008 dengan sumbangan relatif sebesar 36% dan sumbangan efektif 16,4%. 2) Kompetensi Profesional berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung &gt; ttabel, yaitu 2,940 &gt;2,000 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,006 dengan sumbangan relatif sebesar 61%dan sumbangan efektif 25,7%. 3) Kompetens pedagogik dan kompetensi professional secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung&gt; Ftabel, yaitu 6,227 &gt;3,150 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,421 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh Kompetensi pedagogik dan kompetensi professional terhadap prestasi belajar akuntansi adalah sebesar 42,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain&#xD; </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24440/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24440/3/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24440/4/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24440/5/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24440/8/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24440/10/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24440/11/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24440/14/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24440/16/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Wulandari, Erna Catur (2013) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Akuntansi Sekolah Menengah Atas Negeri I Bulu tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090062</relation><recordID>24440</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Wulandari, Erna Catur
title Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Akuntansi Sekolah Menengah Atas Negeri I Bulu tahun Ajaran 2012/ 2013
publishDate 2013
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/24440/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24440/3/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24440/4/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24440/5/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24440/8/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24440/10/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24440/11/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24440/14/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24440/16/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24440/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dalam kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013, 2) Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dalam kompetensi profesional terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013, 3) Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dalam kompetensi pedagogikk dan kompetensi professional terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 84 siswa dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 75,780 + 0.124X1 + 0.155X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansidipengaruhi oleh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Kompetensi Pedagogik berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, 2.761 >2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,008 dengan sumbangan relatif sebesar 36% dan sumbangan efektif 16,4%. 2) Kompetensi Profesional berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,940 >2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006 dengan sumbangan relatif sebesar 61%dan sumbangan efektif 25,7%. 3) Kompetens pedagogik dan kompetensi professional secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 6,227 >3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,421 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh Kompetensi pedagogik dan kompetensi professional terhadap prestasi belajar akuntansi adalah sebesar 42,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain
id IOS2728.24440
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:01Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:02Z
recordtype dc
_version_ 1765810750384766976
score 17.538404