Perbandingan Pembelajaran Crossword Puzzle Dengan Permainan Ular Tangga Menggunakan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: SETYANINGRUM , ELMA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/24419/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/10/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/12/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/13/Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/
ctrlnum 24419
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24419/</relation><title>Perbandingan Pembelajaran Crossword Puzzle Dengan Permainan Ular Tangga Menggunakan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013. &#xD; &#xD; </title><creator> SETYANINGRUM , ELMA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah perbedaan strategi crossword puzzle dan strategi permainan ular tangga dengan media gambar terhadap hasil belajar Ekosistem siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu karanganyar Tahun Ajaran 2012/1013. Pengambilan sampel penelitian ini berjumlah 96 siswa yang berasal dari 3 kelas yaitu kelas VII C dan kelas VII D sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan uji instrumen soal yang diperoleh 15 item soal yang valid dan layak digunakan sebagai tes kemampuan akhir (post test). Analisis data dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas. Untuk uji hipotesis menggunakan anava satu jalan (One Way Anova). Hasil uji hipotesis menunjukan Fhitung (4,720) lebih besar dari F(3,09) didapat dari taraf signifikan 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap ketiga kelas perlakuan. Dengan melihat nilai rata-rata post testmenggunakan strategi crossword puzzle (81,125), strategi permainan ular tangga (76,75) dan Kontrol (73,84375). Dari nilai rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi pada materi Ekosistem dengan menggunakan strategicrossword puzzle lebih tinggi dibandingkan dengan strategi permainan ular tangga dan kontrol sehingga strategi crossword puzzle lebih tepat digunakan dalam pembelajaran biologi.&#xD; </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24419/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24419/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24419/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24419/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24419/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24419/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24419/10/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24419/12/Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24419/13/Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf</identifier><identifier> SETYANINGRUM , ELMA (2013) Perbandingan Pembelajaran Crossword Puzzle Dengan Permainan Ular Tangga Menggunakan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420090209</relation><recordID>24419</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SETYANINGRUM , ELMA
title Perbandingan Pembelajaran Crossword Puzzle Dengan Permainan Ular Tangga Menggunakan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/24419/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/10/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/12/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/13/Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24419/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah perbedaan strategi crossword puzzle dan strategi permainan ular tangga dengan media gambar terhadap hasil belajar Ekosistem siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu karanganyar Tahun Ajaran 2012/1013. Pengambilan sampel penelitian ini berjumlah 96 siswa yang berasal dari 3 kelas yaitu kelas VII C dan kelas VII D sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan uji instrumen soal yang diperoleh 15 item soal yang valid dan layak digunakan sebagai tes kemampuan akhir (post test). Analisis data dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas. Untuk uji hipotesis menggunakan anava satu jalan (One Way Anova). Hasil uji hipotesis menunjukan Fhitung (4,720) lebih besar dari F(3,09) didapat dari taraf signifikan 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap ketiga kelas perlakuan. Dengan melihat nilai rata-rata post testmenggunakan strategi crossword puzzle (81,125), strategi permainan ular tangga (76,75) dan Kontrol (73,84375). Dari nilai rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi pada materi Ekosistem dengan menggunakan strategicrossword puzzle lebih tinggi dibandingkan dengan strategi permainan ular tangga dan kontrol sehingga strategi crossword puzzle lebih tepat digunakan dalam pembelajaran biologi.
id IOS2728.24419
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:01Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:02Z
recordtype dc
_version_ 1765810750062854144
score 17.538404