Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Ditinjau Dari Minat Baca Dan Interaksi Edukatif Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Wijaya , Erniawati |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/24396/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24396/4/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/24396/5/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/24396/7/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/24396/9/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/24396/10/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/24396/13/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/24396/14/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/24396/17/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/24396/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2012/2013; 2) pengaruh interaksi edukatif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2012/2013; 3) pengaruh minat baca dan interaksi edukatif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak adalah 146 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 70,440 + 0,032 X1 + 0,051 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh minat baca dan interaksi edukatif. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,385 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,027 dengan sumbangan relatif (SR) 35,3% dan sumbangan efektif (SE) sebesar 10,4%. 2) “ Ada pengaruh interaksi edukatif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2012/2013 ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,645 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,022 dengan sumbangan relatif (SR) 64,7% dan sumbangan efektif (SE) sebesar 19%. 3) “ Ada pengaruh minat baca dan interaksi edukatif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 4,864 > 3,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,294 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh minat baca dan interaksi edukatif secara bersama-sama terhadap prestasi belajar adalah sebesar 29,4%, sedangkan 70,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.