Daftar Isi:
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar, juga merupakan salah satu mata pelajaran yang memadukan konsep-konsep dasar dari berbagai ilmu sosial yang disusun melalui pendekatan pendidikan supaya bermakna bagi siswa dalam kehidupannya. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Point Counter Point. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Sumberejo yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, metode tes, dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang bekerja sama dengan guru kelas V dan Kepala Sekolah SD Negeri 01 Sumberejo Kerjo dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa kelas V pada mata pelajaran IPS mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran point counter point. Hal ini terbukti dengan prosentase kenaikan kreativitas siswa kelas V yang meningkat cukup baik. Sebelum putaran prosentase kreativitas siswa 11,11% (3 siswa) setelah dilakukan tindakan selanjutnya pada putaran I meningkat menjadi 22,22%. Peneliti belum merasa puas dengan hasil pada putaran I, maka peneliti melakukan tindakan pada putaran II hasilnya meningkat menjadi 40,74% dan pada putaran III meningkat menjadi 77,7%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penggunaan point counter point dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mengungkapkan pendapat dan sekaligus meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS.