Daftar Isi:
  • Mahasiswa aktifis sebagai agen perubahan dituntut untuk memiliki perilaku damai agar mendukung fungsinya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku damai pada mahasiswa aktivis, mengeksplorasi faktor pendorong dan penghambatnya dan mendeskripsikan nilai pendidikan Islam yang tertanam pada mahasiswa aktifis dalam berperilaku damai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan observasi dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perilaku damainya adalah menerima, memahami, ikhlas, menjalankan yang sudah disepakati (aturan), mengalah, amar ma’ruf nahi mungkar dan fastabiqul khairat, menghargai dan menghormati, memiliki rasa kekeluargaan, kebersamaan, mengurai konflik (Islah), dan penerapan demokrasi. Faktor perilaku damai pada mahasiswa aktifis dipengaruhi oleh keyakinann akan keberhasilannya, pengalaman keberhasilan dan kesulitan yang dihadapi dalam berperilaku damai. Nilai-nilai Ke Islaman pada mahasiswa aktifis dipengaruhi oleh keluarga dan organisasinya. Implikasi hasil penelitian adalah pendidikan perdamaian pada mahasiswa.